PENGARUH STRES KERJA , MOTIVASI KERJA, PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU

Imam Rosyadi

Abstract


Abstrack

The purpose of this research is to know influence of work stres , work motivation and training to good teacher performance simultaneously and partial also to know dominant variable than influence the teacher performance. SMK Gondang is the researcher location with 57 teachers as respondent. Data analysis techniques used to test the hypothesis is couple linear regression analysis that has a purpose to know the simultaneous and partial influences also to determine dominant variable that influences teacher performance. Based on the analysis result we know that work stres variable, work motivation and traning significant simultaneously to SMK Gondang teacher performance with contribution number is 91,6 percent. Stres variable, work motivation and training has positive influences and significant partially to employee performance at SMK Gondang with variable motivation work as the most influence variable to teacher performance.

Keywords: Work stress; Work Motivation; Training; and Teacher Performance

Abstrak

 

Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh stres kerja, motivasi kerja dan pelatihan terhadap kinerja guru, baik secara simultan dan parsial sehingga dapat  mengetahui variabel dominan dari pengaruh kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Gondang Pekalongan. SMK Gondang Pekalongan adalah lokasi peneliti dengan 57 guru sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan dan parsial juga untuk mengetahui variabel dominan yang mempengaruhi kinerja guru. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variabel stres kerja  , motivasi kerja dan traning signifikan secara simultan terhadap kinerja guru SMK Gondang dengan jumlah kontribusi 91,6 persen. Variabel stres kerja , motivasi kerja dan pelatihan memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan di SMK Gondang dengan variabel motivasi kerja sebagai variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja guru.

 

Kata Kunci: Stres kerja; Motivasi Kerja; Pelatihan; dan Kinerja Guru


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustin, E. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah DASAR Dabin IV Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.

Al-Ghozali, I. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Cetakan IV. Semarang: Badan Usaha Penerbit Undip.

Anwar. P. M. (2014). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ardhyaviana, S. (2017) Hubungan Antara Kepuasan Kerha Dengan Motivasi Kerja Pada Karyawan Sales Promotion Girl (SPG) Lapangan.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Edarmayanti. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : PT. Refika Aditama.

Edison. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung : Alfabeta

Edy, S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana.

Hasibuan, M. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara Haji. Jakarta

Hidayat, E. A. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi, Rewards, dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru san Karyawan di Madraah Aliyah Negri Rejotangan Tulungagung. Jurnal Manajemen, 06.

Jeine, K. T. (2016). Pengaruh Kompetensi, Disiplin kerja, dan Profesionalisme SMA Negri 1 Manado.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kesatu. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Mahmudah, L. N. (2017). Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kinerja Guru di MTS Negri Karangawen.

Mahmudi, Y. (2016) Kinerja dan Motivasi Guru dalam membentuk Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Sekampung, MA Ma‟arif 5 Sekampung dan SMK Darurrohmah Kabupaten Lampung Timur.

Mangkunegara, A. A., & Anwar, P. (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rasdakarya, Bandung.

Mulyasa. (2015). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Posdakarya.

Muniati. (2016). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru di SMK Bungoro Pangkep.

Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Rizal, A. S. (2019). Pengaruh motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMP.

Soekanto, S. (2015) Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Suparta, L. A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap kinerja Guru. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Suwanto., & Donni, J. P. (2014). Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Diperbanyak oleh PB PGRI.

Wiwi, W. (2017) Pengaruh Pelatihan dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Faerah Provinsi Jawa Barat.

Wike, P. (2017) Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Taspen (PERSERO) Kantor Cabang Utama Bandung.




DOI: https://doi.org/10.25134/ijsm.v3i1.3630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Strategic Managementis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats