Pengaruh Media Sosial dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Woodcraft “tanganketiga”

Winda Oktaviani

Abstract


Abstract

The object of this research is a creative inustry in manufacturing. This study aims to determine the response of consumers regarding social media, pricing and customer loyalty "tanganketiga", and to determine the effect of social media and the prices on consumer loyalty at Woodcraft "tanganketiga". Sample in this study consisted of 100 respondents. The data used in this study are primary and secondary data. This research is descriptive and explanatory by using correlation coefficient analysis and simultaneous test at a significance level of 5%. These results indicate that social media has a strong relationship and significant impact on customer loyalty, in contrast to the price of which has a medium relationship and significant on customer loyalty.

 

Keywords: Social Media; Price, Consumer Loyalty.

 

Abstrak

Objek penelitian ini adalah sebuah insdustri kreatif di bidang manufaktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai media sosial, harga dan loyalitas konsumen “tanganketiga”, dan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan harga terhadap loyalitas konsumen pada Woodcraft “tanganketiga”. Sample dalam penelitian ini terdiri dari 100 orang responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan eksplanatori dengan menggunakan metode analisis koefisien korelasi dan uji simultan pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Media sosial memiliki hubungan yang kuat dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, berbeda dengan harga yang memiliki hubungan sedang dan signifikan terhadap loyalitas konsumen.

 

Kata Kunci: Media Sosial; Harga, Loyalitas Konsumen.

 


Full Text:

pdf

References


DAFTAR PUSTAKA

Aaker, David A., 2006, Marketing Research. 7th Edition. New York: John Wiley & Son, Inc.

Adrian, Payne. 2000. Service Marketing Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi.

Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pamasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta.

Bilson Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Djaslim, Saladin. 2004. Manajemen Pemasaran-analisis Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung : Linda Karya.

Emmy Indrayani, Hotniar Siringoringo dan Trini Saptariani, Impact of Price On Brand Loyalty Sensitivity, 2008. Gunadarma University. West Java, Indonesia.

Erdogmus, Irem Eren dan Cicek, Mesut. 2012. The Impact of Social Media Marketing on Brand Loyalty. Procedia – Social and Behavioral Sciences 58:1353-1360

Griffin, Jill. 2008. Customer Loyality. Edisi Revisi dan Terbaru. Jakarta : Erlangga.

Hurriyati, Ratih 2005. Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen (dengan pemasaran efektif dan profitable). Bandung : Alfabeta.

Husein, Umar. 2008. Metode Riset Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

J. Paul, Peter dan Garry, Olson , 2008. Consumer Behavior

Kaplan, Andreas M., Michael Haenlein. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons.

Kapoor, Mansi., Si, Suman. 2014. The Study The Growth of Brand Awareness Through Social Media Marketing and Understand the Lastest Trends Associated. International Research Journal of Management Sociology & Humanity. http://www.irjmsh.com

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT.Prenhallindo

Kotler, Philip and Kevin L. Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.

--------. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 12. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.

-------- &Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Nadia Hanum Amiruddin. 2013. Price, Service Quality, and Customer Loyalty : A Case of Air Asia. Faculty of Business & Entrepreneurship, University Malaysia Kelantan., Kelantan

Schiffman, Leon. G. dan Kanuk, Leslie. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta : Indeks.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran. Cetakan Pertama. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Singh, L., Jaffery, Z.A., Zaheeruddin, Z, dan Singh, R. 2010. Advances in Recent Technologies in Communication and Computing (ARTCom), International Conference

Stanton, William J, 2008. Fundamental of Marketing, Mc. Graw Hill Inc.

Sudjana, (2000). Statistik Untuk Ekonomi dan Niaga I. Bandung : Tarsito.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suliyanto, 2005. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Swastha, B dan Irawan, H. 2000. Manajemen Pemasaran, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Penerbit Liberty

Taprial, Varinder & Kanwar, Priya. 2011. Understanding Social Media [online]. Tersedia: http://bookboon.com/en/understanding-social-media-ebook

Ulber, Silalahi . 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT. Refika Aditama

Website:

http://industrikreatif-depdag.blogspot.com/

http://www.kemenperin.go.id/

http://www.puskakomui.or.id/

http://www.inovasipintar.com

http://www.wikipedia.org




DOI: https://doi.org/10.25134/ijsm.v3i2.3897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Strategic Managementis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats