PENGARUH BUDAYA KERJA DAN ETOS KERJA ISLAMI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG CIREBON

. Layaman, Maya Jumalia

Abstract


Berdasarkan data laporan Bank Syariah Mandiri tahun 2016 terdapat beberapa pengaduan nasabah mengenai pelayanannya, pengaduan tersebut diantaranya mengenai kerja CS yang lamban, marketing yang mengecewakan, kantor cabang yang sulit dihubungi, teller yang lamban dan kinerja FL  yang tidak memuaskan, tidak dapat dipungkiri  bahwasanya pelayanan yang baik sangat penting dilakukan oleh setiap karyawan BSM dengan cara meningkatkan kinerjanya.  Oleh karena itu apabila budaya kerja dan etos kerja islami berjalan dengan baik, maka kinerja karyawan akan ikut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh budaya kerja dan etos kerja Islami terhadap kinerja  karyawan di Bank Syariah Mandiri Cabang Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  dengan jenis penelitian Field research (penelitian lapangan).  Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive  dengan jumlah sampel 40 responden. Hipotesis diuji dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja dan etos kerja Islami berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Kata Kunci: Budaya Kerja, Etos Kerja Islami dan Kinerja


Full Text:

PDF

References


Abdussalam Dz, Manajemen Sumber Daya Insani. Cirebon: STAIN PRESS, 2008.

Alma , Buchari dan priansa, Donni juni, manajemen bisnis syari’ah. Bandung: Alfabeta, 2009.

Almigo, Nuzsep, Hubungan Antara Kepuasan Kerja dengan Produktivitas Kerja Karyawan (Jurnal Pysyche 1.1), 2004.

Anoraga, Bhirawa; Prasetyo, Ari. Motivasi Kerja Islam dan Etos Kerja Islam Karyawan Bank Jatim Syariah Cabang Surabaya, Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 2015, 2.7

Anoraga, Panji, Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Artikel. Semangat Kerja karyawan, diakses pada 15/05/16/13:42 http//.www. duniapengetahuan2627.co.id

As’ad, Muh., Manajemen Personalia Cetakan ke-6. Jakarta: Erlangga, 1990.

Aziz, Abdul, Etika Bisnis Prespektif Islam (implementasi etika islam untuk dunia usaha). Bandung: ALFABETA, 2013.

Azizi, Moh Ali, Ed, Dakwah Pemberdayaan Masyarakat Paradikma Aksi metodologi, Yogyakarta : Pustaka Pesantren, 2005.

Brahmasari, Ida Ayu and Suprayetno, Agus. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship 10.2, 2009.

Budiasih, Yanti,”Struktur Organisasi, Desain Kerja, Budaya Organisasi dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Karyawan (Studi kasus pada PT. XX Di Jakarta,” (Jurnal Liquidity 1.2, 2012)

Desky, Harjoni. Pengaruh Etos Kerja Islami Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Rumah Makan Ayam Lepaas Lhokseumawe, Inferensi 8.2 , 2014

El Eroy, Achmad Rozi, Budaya Kerja Kryawan,” Artikel,13 juni 2010. https://arozieleroy.wordpress.com/2010/07/13/budaya-kerja/. Diakses pada 15/03/17

Fathoni , Abdurrahmat,Organisasi & Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Rineka Cipta, 2006.

Febriana, Mayya Puji. Pengaruh Etos Kerja Islam Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Artha Mas Abadi Kabupaten Pati, Skripsi, IAIN Walisongo Semarang, 2009.

Ghozali, Imam, aplikasi analisis multivariate dengan progran spss. Semarang: badan penerbit undip, 2002.

HRD, Menguukur Produktivitas Kerja Seorang Karyawan Di Bank”, 24 December 2016. https//:www.employeehandbooks911.com/mengukur-produktivitas-kerja-seorang-karyawan-di-bank/. Diakses pada 08 maret 2017

Iqbal , Muhammad, Pembangunan Kembali Alam Pikiran Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1996.

Jamil, Alwiyah. Pengaruh etika kerja islam terhadap sikap-sikap pada perubahan organisasi: komitmen mediasi sebagai meditor, Tesis, Universitas Diponegoro, 2007.

Koesmono, Teman, Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja serta Kinerja Karyawan pada Subsektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah di Jawa Timur (Journal of Management and Enterpreneurship 7.2, 2006)

Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu, Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Nawawi, Hadari, Manajemen Sumber Daya Manusia cetakan Kelima. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2003.

Ndraha, Taliziduhu, Teori Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Prayitno, Hadi. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Karyawan (studi kasus pada Bank Syariah Mandiri Cabang Cirebon Plered) , skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2015.

Rachmawati, Ike Kusdyah, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2008.

Sastrohadiwiryo, Siswanto, manajemen tenaga kerja Indonesia pendekatan administrasi dan operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara, cet. Ke II, 2002.

Satrahidayat , Ika Rochdjatun, membangun etos Kerja & Logika Berfikir Islami. Malang: UIN Malang Press, 2009.

Shafissalam , Alfa, dan Azzuhri, Misbahuddin., Pengaruh Etos Kerja Islami Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Agro Niaga Indonesia (Kanindo) Syariah Jawa Timur, Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2013, 2.2.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed methods), Bandung: Alfabeta, 2013.

Syaiful , Bakhri , Mokh. dan Abdussalam, Sukses Berbisnis Ala Rosulullah SAW . Jakarta: Erlangga, 2012.

Tasmara, Toto, Kecerdasan Ruhania . Jakarta: GEMA INSANI PRESS, 2001.

Tasmara, Toto, Membudayakan Etos Kerja. Jakarta:Gema Insani, 2002.

Triguno, Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Zama'Syari, Muhammad, Pengaruh Etos Kerja Dan Budaya Kerja Islam Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Study Pada Kjks/Ujks Wilayah Kabupaten Pati, Skripsi Ekonomi, Iain Walisongo Semarang, 2010.




DOI: https://doi.org/10.25134/ijsm.v1i1.843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Strategic Managementis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats