PENERAPAN SAK ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA USAHA OLEH-OLEH KHAS LAMPUNG DI KABUPATEN PESISIR BARAT

Yuliana Sari, Mita Helmita

Abstract


Melakukan pencatatan laporan keuangan sangat penting dalam menjalankan suatu usaha, karena dengan melakukan pencatatan dan pembukuan laporan keuangan dapat mengetahui seberapa besar penjualan, pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan pada kegiatan usaha yang dijalankan. Tujuan dilakukan penulisan tugas akhir ini yakni untuk mengetahui bagaimana pemahaman dan penerapan SAK entitas mikro kecil dan menengah pada pelaku UMKM oleh-oleh khas Lampung di Kabupaten Pesisir Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan studi pustaka, dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman pelaku UMKM oleh-oleh khas Lampung di Pesisir Barat mengenai pemahaman tentang laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dalam pelaporan keuangannya berada pada kategori cukup paham. Artinya pelaku UMKM memiliki pemahaman yang cukup dalam hal pengukuran, asumsi dasar dan penyajian laporan keuangan dalam menjalankan kegiatan usaha oleh-oleh khas Lampung di Kabupaten Persisir Barat. Penerapan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM tidak dilakukan sepenuhnya dilakukan oleh para pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usaha oleh-oleh khas Lampung di Pesisir Barat. Hal tersebut tentunya sangat disayangkan dikarenakan pada dasarnya pencatatan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM akan memudahkan para pelaku usaha melihat transaksi keuangan atas usaha yang dijalankan. 

Full Text:

PDF

References


Kalsmir. 2017. Alnallisis Lalporaln Keualngaln. Raljalwalli. Jalkalrtal.

Kalsum, U., Ikhtiari, K., & Dwiyanti, R. (2020). PENERAPAN SAK EMKM DALAM MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN UMKM DI FOOD CITY PASAR SEGAR KOTA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(2), 92–103. https://doi.org/10.35326/jiam.v3i2.986

Maulana, Y., Masruroh, R., Lestari, E. A., & Putri, S. F. K. (2024). PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN UMKM DAN BUMDES DESA PADAMATANG. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1098-1103.

Munalwir. 2017. Alnallisal Lalporaln Keualngaln. Liberty. Yogyalkalrtal.

Nalnal Salyodih Sukmaldinaltal. 2016. Metode Penelitialn Pendidikaln. Remaljal Rosdalkalryal. Balndung.

Sutrisno. 2018. Malnaljemen Keualngaln Teori Konsep Daln Pralktik Edisi Renisi. Ekonisial. Yogyalkalrtal.

Syaliful Balhri. 2016. Pengalntalr Alkuntalnsi Berdalsalrkaln SAlK, ETAlP Daln IFRS. Alndi Ofset. Yogyalkalrtal.

Widiastiawati, B., & Hambali, D. (2020). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil Dan Menengah (Sak EMKM) Pada UMKM Ud Sari Bunga. Journal of Accounting, Finance, and Auditing, 2(02), 38-48.

Widiastoeti, H., & Sari, C. A. E. (2020). Penerapan Laporan Keuangan Berbasis Sakemkm Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Umkm Kampung Kue Di Rungkut Surabaya. Jurnal Ekbis, 21(1), 1-15.

Wiharno, H., Komarudin, M. N., Asep Saepudin, S. E., Yasir Maulana, S. E., & Dodi, S. P. (2021). Manajamen Keuangan. Penerbit Lakeisha.




DOI: https://doi.org/10.25134/ijsm.v7i1.8708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Strategic Managementis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats