RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN ANIMALIA COELENTERATA BERBASIS AUGMANTED REALITY MENGGUNAKAN ALGORITMA SIFT

Deden Nurudin, Tito Sugiharto, Rio Priantama

Abstract


Abstrak

Mata pelajaran Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa/i di SMA NEGERI 1 Kuningan. Pengenalan animalia coelenterta merupakan salah satu materi mata pelajaran biologi yang dipelajari oleh siswa/i dengan menggunakan media pembelajaran konvensional yang digunakan oleh guru berupa buku yang menampilkan gambaran animalia coelenterata 2D, sehingga  siswa/i terbatas dalam mendapatkan gambaran lengkap Animalia coelenterata. Proses pembelajaran yang berlangsung belum efektif dan belum dapat meningkatkan antusiasme siswa/i pada saat pembelajaran dikelas. Maka dari itu dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality dapat menjadi salah satu langkah penyelesaian dalam mengatasi hal tersebut. Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda antara dunia nyata dengan dunia maya berupa objek 3D yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran pengenalan animalia coelenterata oleh siswa/i, agar pembelajaran pengenalan animalia coelenterata lebih menarik dan tidak monoton karena menampilkan gambaran  animasi 3D. Untuk membangun aplikasi pengenalan animalia coelenterata, perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language) serta penerapan algoritma SIFT(Scale Invariant Feature Transform) untuk pendeteksian titik keypoint pada marker. Pendeteksian titik keypoint dilakukan pada marker yang ada didalam program. Aplikasi ini dapat membantu siswa/i dalam mempelajari pengenalan animalia coelenterata karena gambaran animalia coelenterata terlihat lebih nyata dengan Animasi 3D, gerakan animalia coelenterata dan deskripsi animalia coelenterata.

 

Kata Kunci

:

SIFT, Augmented Reality, Animalia Coelenterata, UML


References


A Setiawan. (2012). “Tentang Sekolah Menengah Atas”. dalam sir.stikom.edu/651/5/BAB%20II.pdf

Irnaningtyas. (2013). “Biologi SMA/MA kelas X”. Jakarta : Erlangga

G.Lowe David. (1999). “Object Recognition From Local Scale-Invariant Features,” .Pp. 1150-1157: Procedings Of the Internasional Conference On Computer Vision.

Muzayana. S (2018). “ Implementasi Teknologi Augmanted Reality Pada Brosur Universitas Kuningan Menggunakan Algoritma Scale Invariant Feature Transform (SIFT)”. Universitas Kuningan.

Jogiyanto, HM. (2001). “Analisis Perancangan Sistem Informasi”. Yogyakarta: Andi Offset.

Suryana, Taryana. (2007). “Metode RUP”. Bandung: Makalah ilmiah STMIK LIKIM

Maitsa, Elsa, Sugiharto, Tito, Nurhayati, Yati. (2020). “Implementasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Gedung Bersejarah di Kab. Kuningan Menggunakan Algoritma Luca Kanade”. Universitas Kuningan : Jurnal Buffer Informatika




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v15i2.4365

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.