INOVASI RANCANGAN UMUM APLIKASI MESIN ANTRIAN PERBANKAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH

Shinta Esabella, Chairul Hudaya, Ika Gita Listiana

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kepuasan nasabah terhadap aplikasi mesin antrian (Existing) Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa dan merancang aplikasi mesin antrian yang diharapkan oleh nasabah untuk meningkatkan kepuasan nasabah. Penelitian diawali dengan melakukan Analisa terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan Aplikasi Mesin Antrian (Existing), dimana parameter analisa menggunakan 10 Dimensi Pelayanan yakni ; Reliability, Responsiveness, Competence, Access, Courtesy, Communication, Credibility, Security, Understanding knowing the customer dan Tangible. Dari hasil Analisa didapatkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap aplikasi mesin antrian (Existing) Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa berada pada level puas. Hal ini didasarkan pada rata-rata kuesioner yang telah diisi oleh 100 responden menunjukan angka 72,11 %. Dan adanya keinginan responden untuk  dikembangkan aplikasi mesin antrian yang bersifat fleksibel yaitu aplikasi antrian berbasis android sebesar 91,03%. Dengan demikian nasabah sangat menginginkan adanya aplikasi antrian berbasis android. Akhir penelitian, peneliti membangun grand design pengembangan aplikasi mesin antrian berbasis android yang dapat menjadi masukkan kepada pimpinan Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa dalam mengembangkan aplikasi mesin antrian. 


Full Text:

PDF

References


"Bank NTB Syariah," [Online]. Available: https://www.bankntbsyariah.co.id/. [Accessed Thursday June 2022].

I. Lesmana, R. Hernawati and F. Yusuf, "Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi," Jurnal Nuansa Informatika, vol. 15, no. 2, p. 83, 2021.

D. Yusuf, A. R. Mahbub and S. Supriyadi, "Sistem Informasi Inventaris Berbasis Web Menggunakan Algoritma Haversine di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi," Jurnal Nuansa Informatika, vol. 16, no. 1, p. 173, 2022.

N. D. Sofya, D. Heriwibowo and Rodianto, "Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa," Jurnal Tambora, vol. 4, no. 2A, p. 41, 2020.

D. I. Sensuse and S. H. Prayoga, "Analisis Usability Pada Aplikasi Berbasis Web Dengan Mengadopsi Model Kepuasan Pengguna (User Statifaction)," Jurnal Sistem Informasi, vol. 6, no. 1, p. 71, 2010.

A. R. Nirmala and U. R. Damayanti, Analisis Kualitas Data dan Kuantitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Metode Importance Perpormance Analysis dan Customer Satisfaction Index (Studi Kasus Pada Badan Pusat Statistik Provinsi Riau), Riau: repository.uin-suska.ac.id, 2016.

Suliyanto, Metode Penelitian Kuantitatif, Brebes: eprints.peradaban.ac.id, 2017.

M. Mulyadi, "Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya," Jurnal Studi Komunikasi dan Media, vol. 15, no. 1, p. 131, 2011.

H. Sarjono and Natalia, "Servqual Dalam Pelayanan Kelas Pada Laboratorium Manajemen," Binus Business Review, vol. 5, no. 1, p. 141, 2014.

A. Sholikhah, "Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif," KOMUNIKA, vol. 10, no. 2, p. 345, 2016.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i2.5532

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.