DESAIN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI SUMBER BELAJAR KOLABORATIF MELALUI KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK PERGURUAN TINGGI

Sofhian Fazrin Nasrulloh, Tio Heriyana

Abstract


Pembelajaran mahasiswa di perguruan tinggi berlangsung lebih mandiri sehingga keberadaan bahan ajar memiliki urgensi utama. Mahasiswa dalam mencari bahan ajar, cenderung melakukan kurasi di internet. Kurasi dilakukan dengan mencari bahan ajar melalui mesin pencari, situs web kumpulan slide, situs penyedia dokumen, blog, konten vidio dan konten audio. Hasil dari kurasi cenderung tidak terkelola sehingga kebermanfaatan kurang maksimal dan hanya untuk konsumsi pribadi. Mahasiswa juga dalam belajar, mengandalkan bahan ajar yang diproduksi oleh Dosen. Bahan ajar tersebut cenderung hanya dalam satu bentuk yang kaku. Hasil-hasil dari kegiatan mahasiswa melalukan kurasi, hasil dari pengalaman belajar dan hasil produksi bahan ajar dari dosen perlu disimpan dalam aplikasi yang dapat mengkolaborasikan beragam sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dosen-mahasiswa akan aplikasi pengelolaan sumber belajar, mengembangkan aplikasi sumber belajar kolaboratif, menganalisis efektivitas aplikasi sumber belajar kolaboratif dalam pemenuhan kebutuhan dosen-mahasiswa akan sumber belajar. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation untuk menghasilkan produk berupa aplikasi sumber belajar kolaboratif, dengan uji coba pada mahasiswa program studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan. Hasil unit test menunjukan bahwa aplikasi 100% berfungsi dengan baik dan hasil user acceptance test 92% mahasiswa merasa terbantu pembelajarannya baik di dalam ataupun di luar kelas dengan adanya aplikasi sumber belajar kolaboratif. Hal ini sejalan dengan kebiasaan mahasiswa yang sering melakukan kurasi bahan ajar.

References


L. M. Blaschke, “Heutagogy and lifelong learning: A review of heutagogical practice and self determined learning,” Int. Rev. Res. Open Distance Learn., vol. 13, no. 1, 2012.

F. Inusah, Y. M. Missah, N. Ussiph, and F. Twum, “Expert System in Enhancing Efficiency in Basic Educational Management using Data Mining Techniques,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 12, no. 11, pp. 427–434, 2021, doi: 10.14569/IJACSA.2021.0121148.

N. R. W. Mohamed and D. Sharif, “Curation Contents As a Core Competency in Mooc Learning Among Students Using Engagement Theory Framework,” J. Bus. Innov., pp. 181–190, 2021, [Online]. Available: https://www.kuimonline.kuim.edu.my/index.php/JBI/article/view/1036.

I. P. G. Sutisna, “Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19,” STILISTIKA

J. Pendidik. Bhs. dan Seni, vol. 8, no. 2, pp. 268–283, 2020, [Online]. Available: https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/stilistika/article/view/773.

E. M. Meyers, I. Erickson, and R. V. Small, “Digital literacy and informal learning environments: An introduction,” Learn. Media Technol., vol. 38, no. 4, pp. 355–367, 2013, doi: 10.1080/17439884.2013.783597.

A. Mikroyannidis, J. Domingue, C. Phethean, G. Beeston, and E. Simperl, “The European Data Science Academy: Bridging the Data Science Skills Gap with Open Courseware,” Open Educ. Glob. Conf., 2017.

H.-C. Wei and C. Chou, “Ready to Do OpenCourseWare ? A Comparative Study of Taiwan College Faculty,” Int. Rev. Res. Open Distrib. Learn. Ready, vol. 22, no. 2, 2021, [Online]. Available: https://id.erudit.org/iderudit/1078403ar.

N. Avouris, “Patterns of use of open courseware in a Greek University : the eclass . upatras . gr case,” no. 2015, pp. 1–9, 2016.

A. Tlili, R. Huang, T. W. Chang, F. Nascimbeni, and D. Burgos, “Open Educational Resources and practices in China: A systematic literature review,” Sustain., vol. 11, no. 18, pp. 1–14, 2019, doi: 10.3390/su11184867.

Q. Zhou, H. Sun, R. Zhou, G. Sun, J. Shen, and K. C. Li, “A collaborative and open solution for large-scale online learning,” Comput. Appl. Eng. Educ., vol. 26, no. 6, pp. 2266–2281, 2018, doi: 10.1002/cae.22040.

I. Bhatt, “Digital literacy practices and their layered multiplicity,” EMI. Educ. Media Int., vol. 49, no. 4, 2012, [Online]. Available: https://doi.org/10.1080/09523987.2012.741199.

A. Mardani, S. Nikoosokhan, M. Moradi, and M. Doustar, “The Relationship Between Knowledge Management and Innovation Performance,” J. High Technol. Manag. Res., vol. 29, no. 1, pp. 12–26, 2018, doi: 10.1016/j.hitech.2018.04.002.

A. M. Abubakar, H. Elrehail, M. A. Alatailat, and A. Elçi, “Knowledge management, decision-making style and organizational performance,” J. Innov. Knowl., vol. 4, no. 2, pp. 104–114, 2019, doi: 10.1016/j.jik.2017.07.003.

R. M. Branch, Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer, 2009.

P. P. Krishna, “CONSTRUCTING SCALE ON KNOWLEDGE MANAGEMENT : APPRECIATING STANDARD OR SELF CONSTRUCTED TOOL,” Crossing Bord. Int. J. Interdiscip. Stud., vol. 7, no. 2, 2019.




DOI: https://doi.org/10.25134/fkom%20uniku.v17i1.6650

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.