Analisis Perilaku Penggunaan E-Wallet Aplikasi OVO Terhadap Perspektif Pelajar Tingkat Sekolah Menengah Atas di Lembang Menggunakan Technology Acceptance Model

Chairul Habibi

Abstract


Penggunaan smartphone di indonesia yang sangat tinggi menyebabkan para pelaku bisnis membuat aplikasi yang dapat di pasang pada smartphone sebagai salah satu alat pembayaran non-tunai. Teknologi Aplikasi e-wallet OVO pada awal 2022 telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna, hal tersebut menunjukkan bahwa aplikasi e-wallet OVO disukai oleh masyarakat luas. Salah satu pengguna aplikasi ini adalah dari kalangan Z-Generation atau sering di sebut Gen-Z, generasi ini lebih mementingkan kemudahan dari sisi aktivitas, transaksi dan komunikasi. Salah satu kegemaran dari generasi ini adalah melakukan transaksi secara online baik sekedar untuk mengikuti trend yang ada saat ini atau memenuhi kebutuhan keseharian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan teknologi e-wallet aplikasi OVO dikalangan siswa dan siswi SMA di Lembang menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Hasil penelitian menunjukkan Variabel perceived ease of use berpengaruh signifikan secara parsial terhadap perceived usefulness sebesar 55,3%. Variabel perceived usefulness berpengaruh signifikan secara parsial terhadap attitude toward using sebesar 61,7%. Variabel perceived ease of use berpengaruh signifikan secara parsial terhadap attitude toward using sebesar 63,1%. Variabel attitude toward using berpengaruh signifikan secara parsial terhadap behavioral intention to use sebesar 73,2%. Variabel perceived usefulness berpengaruh signifikan secara parsial terhadap behavioral intention to use sebesar 59,4%.  Variabel behavioral intention to use berpengaruh signifikan secara parsial terhadap actual system usage sebesar 71,3%.


References


L. D Ummah, “Rancang Bangun E-Commerce Pada Toko Kerudung Nuri Collection Berbasis Customer Relationship Management”, JURNAL NUANSA INFORMATIKA, Vol 12, no.2, pp. 10-17, Juli 2018, DOI : 10.25134/nuansa.

R. Rahmadian, “Rancang Bangun E-Commerce Pada Toko Madu Sport”, JURNAL NUANSA INFORMATIKA, Vol 11, no.2, pp. 7-15, September 2016

Elsa Silaen and Bulan Prabawani, “Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan E-Wallet dan Persepsi Manfaat Serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Saldo E-Wallet OVO,” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 8, no. 4, pp. 1–9, 2019.

G. P. Riyanto, “Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta,” Kompas, 2021.

T. Sulastri, V. C. Wulandari, R. Untari, N. A. Rozama, and A. L. Kusumatrisna, STATISTIK TELEKOMUNIKASI INDONESIA: Telecommunication Statistics in Indonesia 2019. Badan Pusat Statistik, 2020.

O. Alaeddin, A. Rana, Z. Zainudin, and F. Kamarudin, “From physical to digital : investigating consumer behaviour of switching to mobile wallet,” Polish J. Manag. Stud., vol. 17, no. Vol. 17, No. 2, pp. 18-30, 2018, doi: 10.17512/PJMS.2018.17.2.02.

Bank Indonesia, “Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran,” Divisi Informasi Hukum, Departemen Hukum Departemen Komunikasi, 2016. https://www.bi.go.id/id/publikasi/peraturan/Pages/pbi_184016.aspx (accessed Feb. 13, 2022).

Blandina Angelina Nainggolan and David Andrian, “Analisis Technology Acceptance Model(TAM) Pada Intention To Transaction Online (Studi Kasus: E-Wallet OVO di Kota Surabaya,” Jurnal HEURISTIC. 2021, Vol. 18, Pages 83-96, Oktober 2021.

G. William and M. Tjokrosaputro, “Persepsi Kegunaan dan Promosi Untuk Memprediksi Niat Penggunaan E-Wallet: Sikap Sebagai Variabel Mediator,” J. Muara Ilmu Ekon. dan Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 74–88, Jan. 2021, doi: 10.24912/JMIEB.V5I1.9997.

G. P. L. Permana, H. P. S. Rini, and I. G. N. D. Paramartha, “Fintech Dari Perspektif Perilaku User Dalam Penggunaan E-Wallet Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM).,” Widya Akunt. dan Keuang., vol. 3, no. 1, pp. 50–70, Feb. 2021, doi: 10.32795/ WIDYAAKUNTANSI.V3I1.1205.

D. Cynthia Kumala, J. Wilson Pranata, S. Thio, F. Bisnis dan Ekonomi Universitas Kristen Petra, “Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Trust, Dan Security Terhadap Minat Penggunaan Gopay Pada Generasi X Di Surabaya,” J. Manaj. Perhotelan, vol. 6, no. 1, pp. 19–29, Jul. 2020, doi: 10.9744/JMP.6.1.19-29.

C. Sudyasjayanti and S. Salsabil, “Manfaat Dan Kemudahan Yang Dirasakan Terhadap Niat Menggunakan Go-Pay Pada Generasi Y di Surabaya,” J. Muara Ilmu Ekon. dan Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 310–319, Jul. 2020, doi: 10.24912/JMIEB.V4I2.8225.

V. K. Hermawan and E. L. Paramita, “Trust dan Perceived Usefulness dan Pengaruhnya Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan E-wallet,” J. Ekobis Ekon. Bisnis Manaj., vol. 10, no. 2, pp. 223–236, Sep. 2020, doi: 10.37932/J.E.V10I2.131.

A. Mujahidin, R. Pristian, and F. Astuti, “Pengaruh Fintech e-wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Millennial,” Inovbiz J. Inov. Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 143–150, Dec. 2020, doi: 10.35314/INOVBIZ.V8I2.1513.

B. Priyambada, A. Kusyanti, and A. D. Herlambang, “Analisis Penerimaan SIDJP Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Pada KPP Pratama Mojokerto,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 3, pp. 1036–1044, 2018,.

F. S. Rahayu, D. Budiyanto, and D. Palyama, “Analisis Penerimaan e-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta),” Universitas Kristen Duta Wacana, 2017.

B Budiman, “Pengaruh Pemanfaatan Sistem Akademik Online Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)”, Bisnis dan Iptek, Vol. 9, No. 2, pp 110-128, 2016.

N. Hunaifi, “Penerapan Metode Tam Terhadap Penerimaan Sistem Informasi Produksi Garment,” J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 221–227, Sep. 2018, doi: 10.31294/JI.V5I2.3701.

N. Mirantika, F. Yusuf and T.S Syamfithriani, “Analisis Penerimaan Teknologi M-Commerce Menggunakan Metode Technology Acceptence Model (TAM) Pada Penjualan Retail di Kabupaten Kuningan”, JURNAL NUANSA INFORMATIKA, Vol 16, no.1, pp. 161-171, Januari 2022, DOI : 10.25134/nuansa




DOI: https://doi.org/10.25134/fkom%20uniku.v17i1.6660

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.