Rancang Bangun Sistem Informasi Perhitungan Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM)

sardjono sardjono sardjono

Abstract


Pendidikan Nasional memiliki fungsi untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Perguruan tinggi sebagai salah satu lembaga pendidikan dituntut untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, profesional, bermoral dan berdaya saing tinggi. Untuk mencapai hal tersebut, perguruan tinggi harus mampu menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang komprehensif dalam bentuk hard skill dan soft skill. Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM) merupakan acuan yang akan dijadikan penilaian dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa berdasarkan kegiatan akademik maupun non akademik. Proses perhitungan akumulasi dari setiap kegiatan mahasiswa secara komputerisasi dan ter-digitalisasi bukti dokumennya, maka perlu dibuat sistem informasi perhitungan SKKM. Algoritma Multifactor Evaluation Process (MFEP) sebagai algoritma untuk proses perhitungan pembobotan pada setiap atribut SKKM terhadap faktor-faktor yang dianggap penting sebagai acuan untuk memberikan penilaian terhadap mahasiswa memperolah predikat SKKM terbaik.

References


Surat Keputusan Rektor UNIBI No: 016/Rektor/KPT/PP/II/2022 tentang Pedoman Implementasi Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM).

Sutra, L., & Nurcahyo, G. W. (2021). Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Multi Factor Evaluation Process dalam Mengidentifikasi Penerima Bantuan yang Tepat pada Program Keluarga Harapan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 48-52.

Nurjaman, R., & Siswanto, I. (2018). Implementasi Algoritma Multifactor Evaluation Process (MFEP) untuk Seleksi Penerimaan Calon Karyawan. SKANIKA, 1(2), 807-814.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Cornford, T., & Smithson, S. (2005). Project research in information systems: a student's guide. Macmillan International Higher Education.

Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods fifth edition. Los Angeles and London: SAGE.

Sommerville, I. (2016). Software engineering 10th Edition. Pearson Education Limited.




DOI: https://doi.org/10.25134/fkom%20uniku.v17i1.6673

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.