Analisis IT Service Management (ITSM) Pada Layanan Marketplace Shopee Menggunakan Framework ITIL V3

Axel Natanael Salim, Tata Sutabri

Abstract


Perdagangan elektronik atau e-commerce belakangan ini menjadi tempat kesukaan konsumen untuk berbelanja, karena effisien dan harga yang kompetitif menjadi alasan e-commerce­ tumbuh subur di Indonesia. Diantara banyaknya layanan e-commerce yang ada di Indonesia, salah satu yang populer adalah marketplace shopee. Marketplace shopee memiliki layanan yang sangat banyak sehingga layanan tersebut perlu diatur dan didukung dengan manajemen yang baik. Salah satu metode manajemen layanan IT adalah ITSM. Salah satu standar kerangka kerja tata kelola TI yang banyak dikenal adalah ITIL. Setelah dilakukan penelitian, didapat bahwa pada variabel Event Management didapat nilai rata-rata maturity level sebesar 4.43 dan termasuk ke dalam maturity level 4 yaitu managed. Pada variabel Incident Management didapat nilai rata-rata maturity level sebesar 4.47 dan termasuk ke dalam maturity level 4 yaitu managed. Pada variabel Problem Management didapat nilai rata-rata maturity level sebesar 4.39 dan termasuk ke dalam maturity level 4 yaitu managed. Pada variabel Request Fulfillment didapat nilai rata-rata maturity level sebesar 4.21 dan termasuk ke dalam maturity level 4 yaitu managed. Dan pada variabel Access Management didapat nilai rata-rata maturity level sebesar 4.41 dan termasuk ke dalam maturity level 4 yaitu managed. Maturity level 4 yaitu managed yang berarti Proses-proses yang terkait telah direncanakan dan telah dilaksanakan secara rutin dan didokumentasikan menggunakan standart dan telah dilaksanakan mengukuran kinerja proses.

Kata Kunci – ITSM, ITIL, Tingkat Kematangan, Shopee, Kerangka Kerja



References


T. Sutabri, Sistem Informasi Manajemen (Edisi Revisi). Penerbit ANDI, 2016.

Periamsyah, Subhan, and A. Syahab, “Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahaan Marketplace Mobile Shopee Indonesia,” Sensitek 2018, pp. 565–569, 2018, [Online]. Available: http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sensitek/article/viewFile/315/268.

T. Sutabri, Pamungkur, A. Kurniawan, and R. E. Saragih, “Automatic attendance system for university student using face recognition based on deep learning,” Int. J. Mach. Learn. Comput., vol. 9, no. 5, pp. 668–674, 2019, doi: 10.18178/ijmlc.2019.9.5.856.

D. Napitupulu, K. Adiyarta, T. Sutabri, and K. Kamaruddin, “Analysis of Citizen Readiness in Indonesia Toward E-Gov 2.0,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 96, no. 19, pp. 6645–6653, 2018.

S. Hastini and W. Cholil, “Analisa Komponen ITSM Pada E-learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V.3,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, p. 79, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.955.

A. M.Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2016.

T. Sutabri and D. Napitupulu, Sistem Informasi Binsis. Penerbit ANDI, 2019.

M. Rizki and S. O. Kunang, “Analisis IT Service Management (ITSM) Layanan SISFO Universitas Bina Darma Palembang Menggunakan Framework ITIL V3,” Bina Darma Conf. Comput. Sci., pp. 871–886, 2020.

G. B. Arumbinang and A. Tarigan, “Konsep Dan Strategi Tata Kelola Manajemen Layanan Internet Menggunakan It Infrastructure Library Terhadap Layanan Service Level Agreement,” Metik J., vol. 2, no. 2, pp. 46–52, 2018, [Online]. Available: http://journal.universitasmulia.ac.id/index.php/metik/article/view/63%0Ahttp://journal.universitasmulia.ac.id/index.php/metik/article/download/63/61.

D. Herlinudinkhaji and A. F. Daru, “Audit Layanan Teknologi Informasi Berbasis Information Technology Infrastructure Library ( ITIL ),” J. Inform. Upgris, vol. 1, no. 2, pp. 103–111, 2015.

A. Cartlidge, A. Hanna, C. Rudd, I. Macfarlane, J. Windebank, and S. Rance, An Inrroductory Overview of ITIL V3. 2007.

OGC, ITIL Version 3 Service operation, vol. 0, no. 9781461438960. 2012.

D. A. Setyawan, “Modul statistika uji validitas dan reabilitas instrumen penelitian,” in Poltekkes Kemenkes SurakartaSurakarta, 2014.

M. K. Anam, N. Lizarti, and A. N. Ulfah, “Analisa Tingkat Kematangan Sistem Informasi Akademik STMIK Amik Riau Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation,” Fountain Informatics J., vol. 4, no. 1, p. 8, 2019, doi: 10.21111/fij.v4i1.2810.

Axelos, An Overview of the ITIL ® Maturity Model, no. September. 2021.




DOI: https://doi.org/10.25134/fkom%20uniku.v17i1.7186

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.