Perencanaan SOP Manajemen Insiden DPMPTSP Kabupaten OKI Menggunakan Framework ITILv3

Dedek Julian, Tata Sutabri

Abstract


Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah menerapkan pelayanan berbasis TI dengan pengadaan aplikasi berbasis website yang mendukung jalannya proses pelayanan kepada masyarakat. Dengan kondisi tersebut, diperlukan manajemen insiden karena rentannya perangkat TI serta data dan informasinya, salah satu panduan manajemen insiden yang berstandar internasional adalah ITIL V3 yang merupakan kumpulan praktik terbaik dari ITSM. Penelitian ini berfokus kepada domain service operation dengan sub-domain incident management dari ITIL. Pada tahapan metode penelitian, dilakukan analisa gap, sehingga dapat dilihat kesenjangan kondisi saat ini dengan kondisi ideal berdasarkan ITILv3. Hasil akhir penelitian mengusulkan beberapa SOP yang lebih jelas dan terstruktur, yaitu SOP penanganan insiden, eskalasi insiden, dan penutupan insiden.

References


Y. B. Widodo, A. M. Ichsan, and T. Sutabri, “Perancangan Sistem Smart Home Dengan Konsep Internet Of Things Hybrid Berbasis Protokol Message Queuing Telemetry Transport,” J. Teknol. Inform. Dan Komput., vol. 6, no. 2, pp. 123–136, Sep. 2020, doi: 10.37012/jtik.v6i2.302.

D. Setiadi, A. Mursid, and T. Sutabri, “Perancangan Sistem Pendataan Inventori Aset Jaringan Fiber Optik pada PT. MNC Kabel Mediacom,” J. Teknol. Inform. Dan Komput., vol. 5, no. 1, pp. 55–61, Mar. 2019, doi: 10.37012/jtik.v5i1.222.

L. W. Astuti, E. D. Purnamasari, and L. Desitama, “PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN AUDIT INTERNAL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR,” vol. 5, 2021.

T. Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Andi, 2012. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=ro5eDwAAQBAJ

T. Sutabri, Konsep Sistem Informasi. Andi, 2012. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=uI5eDwAAQBAJ

N. Azizah, Y. Kusumawati, and R. R. Sani, “Perancangan Manajemen Insiden pada Layanan Teknologi Informasi Inventory Menggunakan Framework ITIL Versi3 (Studi Kasus : PT. Genta Semar Mandiri Semarang),” JOINS J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 136–146, May 2020, doi: 10.33633/joins.v5i1.3610.

A. Cartlidge, A. Hanna, C. Rudd, I. Macfarlane, J. Windebank, and S. Rance, An Introductory Overview of ITIL V3. 2007.

S. Hastini and W. Cholil, “Analisa Komponen ITSM Pada E-learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V.3,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, p. 79, Feb. 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.955.

A. Herdiyanti, A. Cahaya Puspitaningrum, H. Maria Astuti, and U. Laili Yuhana, “Pembuatan Standard Operating Procedure Pengembangan Sistem Informasi Manajemen: Studi Kasus DPTSI ITS,” SISFO, Jan. 2017.

Y. Rahmawati and S. R. Natasia, “PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN INSIDEN LAYANAN TI PADA PT. POS INDONESIA KOTA BALIKPAPAN,” vol. 4, no. 1, 2020.

T. P. Silitonga and A. H. N. Ali, “SISTEM MANAJEMEN INSIDEN PADA PROGRAM MANAJEMEN HELPDESK DAN DUKUNGAN TI BERDASARKAN FRAMEWORK ITIL V3 (STUDI KASUS PADA BIRO TEKNOLOGI INFORMASI BPK-RI),” 2010.




DOI: https://doi.org/10.25134/fkom%20uniku.v17i1.7203

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.