Analisis IT Service Management (ITSM) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Menggunakan Framework ITIL V3 (Studi Kasus: Kecamatan Sungai Lilin)

Rhandy Elfandiar, Tata Sutabri

Abstract


Penerapan teknologi informasi yang terus berkembang dengan sangat cepat memberikan dampak besar bagi penggunaan sistem informasi atau teknologi informasi dan pelayanan dari sistem informasi atau teknologi informasi tersebut, pada sektor keuangan pengembangan teknologi informasi dan sistem informasi akan sangat membantu untuk perkembangan organisasi tersebut. Pada kecamatan Sungai Lilin, untuk melakukan monitoring pengelolaan keuangan di tiap desa yang berada di dalam lingkup Kecamatan Sungai Lilin sudah menggunakan teknologi informasi, yaitu menggunakan aplikasi Sistem Keuangan desa (SisKeuDes) yang sudah terintegrasi antara desa dan kecamatan. Siskeudes merupakan aplikasi berbasis desktop yang digunakan untuk mengelola keuangan pada desa. Aplikasi Siskeudes memiliki banyak layanan seperti pembuatan laporan keuangan, entri data keuangan, monitoring entri data keuangan, verifikasi data yang telah di entri, dan masih banyak layanan lainnya, karena aplikasi Siskeudes ini memiliki banyak layanan, sehingga aplikasi Siskeudes ini membutuhkan manajemen layanan untuk mengidentifikasi layanan apa yang butuh untuk di tingkatkan atau ditambah agar aplikasi Siskeudes ini dapat lebih baik. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses manajemen layanan TI yaitu dengan Information Technology Service Management (ITSM) menggunakan framework ITIL V3 yang berfokus pada domain service operation.  Hasil dari analisis ini akan mengidentifikasi sejauh mana service operation pada aplikasi Siskeudes, dan dihasilkan sebuah rekomendasi pengelolaan yang dapat mengacu pada Framework ITIL V3

Kata Kunci – ITSM, ITIL, Kerangka Kerja, SisKeuDes, Kualitatif

References


Y. B. Widodo, A. Anindya, and T. Sutabri, “Pengembangan Aplikasi E-Reimbursement Karyawan Berbasis Android Pada PT Bringin Inti Teknologi,” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 7, no. 2, pp. 120–131, 2021, doi: 10.37012/jtik.v7i2.644.

S. Hanief and I. W. Jefriana, “Framework Itil V3 Domain Service Operation Dalam Analisis Pengelolaan Teknologi Blended Learning,” J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 59–65, 2018, doi: 10.36002/jutik.v4i1.395.

T. Sutabri, Konsep Sistem Informasi. Penerbit ANDI, 2012.

S. Hastini and W. Cholil, “Analisa Komponen ITSM Pada E-learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V.3,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, p. 79, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.955.

R. Khoiriyah, “Analisis Peningkatan Layanan Reservasi Tiket Kapal Laut PT . Pelni Menggunakan Strategi IT Service Management,” vol. 6, pp. 817–826, 2022.

T. Sutabri, Sistem Informasi Manajemen (Edisi Revisi). Penerbit ANDI, 2016.

T. Sutabri, A. Suryatno, D. Setiadi, and E. S. Negara, “Improving naïve bayes in sentiment analysis for hotel industry in Indonesia,” Proc. 3rd Int. Conf. Informatics Comput. ICIC 2018, pp. 1–6, 2018, doi: 10.1109/IAC.2018.8780444.

A. M.Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2016.

G. B. Arumbinang and A. Tarigan, “Konsep Dan Strategi Tata Kelola Manajemen Layanan Internet Menggunakan It Infrastructure Library Terhadap Layanan Service Level Agreement,” Metik J., vol. 2, no. 2, pp. 46–52, 2018, [Online]. Available: http://journal.universitasmulia.ac.id/index.php/metik/article/view/63%0Ahttp://journal.universitasmulia.ac.id/index.php/metik/article/download/63/61.

D. Herlinudinkhaji and A. F. Daru, “Audit Layanan Teknologi Informasi Berbasis Information Technology Infrastructure Library ( ITIL ),” J. Inform. Upgris, vol. 1, no. 2, pp. 103–111, 2015.

A. Cartlidge, A. Hanna, C. Rudd, I. Macfarlane, J. Windebank, and S. Rance, An Inrroductory Overview of ITIL V3. 2007.

OGC, ITIL Version 3 Service operation, vol. 0, no. 9781461438960. 2012.

G. B. The Stationery Office, ITIL Service Operation. TSO (The Stationery Office), 2011.




DOI: https://doi.org/10.25134/fkom%20uniku.v17i1.7227

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.