SISTEM PREDIKSI JUMLAH PRODUKSI OLAHAN TERNAK MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO (STUDI KASUS PT. BHUMI PANDANARAN SEJAHTERA UNIT RUMAH POTONG HEWAN)

Frannezsa Rhoesdyatama Bagus Atmojo, Felix Andreas Sutanto

Abstract


PT Bhumi Pandanaran Sejahtera merupakan sebuah holding company yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Semarang yang memiliki beberapa unit gabungan salah satunya adalah unit rumah potong hewan. Unit tersebut merupakan sebuah unit yang berfokus dalam penyedia jasa pemotongan hewan ternak berupa sapi dan babi.Seiring dengan berjalannya waktu unit rumah potong hewan mulai mengembangkan usaha mereka pada pengolahan hewan ternak berupa daging potong serta limbah hewan yang akan diolah menjadi produk seperti pupuk kandang serta media tanam. Namun dalam proses pengolahan ternak seringkali menyisakan sisa hasil produksi yang lumayan banyak karena permintaan pasar yang seringkali tidak menentu dan membuat hasil produksi tertimbun di gudang dan seringkali menjadi tidak layak jual.Oleh karena itu perlu adanya sebuah sistem yang dapat membantu staff produksi untuk menentukan jumlah olahan yang harus diproduksi dalam satu waktu.Metode yang penulis gunakan untuk merancang sistem prediksi adalah metode Fuzzy Tsukamoto, dimana variabel yang akan digunakan yaitu permintaan, persediaan dan produksi. Pendekatan perancangan sistem ini menggunakan metode Waterfall dibantu dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi.Sistem ini dirancang berbasis web, dengan pemrogramannya menggunakan PHP dan HTML serta perancangan database menggunakan MySQL.

References


Surbakti, R. R., & Sinaga, M. S. (2017). PENERAPAN FUZZY TSUKAMOTO DALAM MENENTUKAN JUMLAH PRODUKSI BERDASARKAN DATA PERSEDIAAN DAN JUMLAH PERMINTAAN.

Permatasari, H. S., Suyatno, A., & Kridalaksana, A. H. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi Di Universitas Mulawarman Menggunakan Metode Tsukamoto (Studi Kasus: Fakultas MIPA). Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(1), 32-37.

Gerry, O. (2019). SISTEM PREDIKSI JUMLAH PRODUKSI ROTI MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO Doctoral dissertation, Universitas Buddhi Dharma

Azmi, T. U., Haryanto, H., & Sutojo, T. (2018). Prediksi Jumlah Produksi Jenang di PT Menara Jenang Kudus Menggunakan Metode Logika Fuzzy Tsukamoto. Sisfotenika, 8(1), 23-34.

Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7 Buku 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pohan, S. D., & Mubarok, M. H. (2022). Implementation of E-Commerce and Web-Based Company Profile on CV. Andromeda Multi Sarana. NUANSA INFORMATIKA, 16(2),48-54.

( https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom/article/view/5766)

Wulandari, D. A. N., & Prasetyo, A. (2018). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Status Gizi Balita Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Informatika, 5(1), 22-33.

Kurniasih, S., & Ginting, L. S. B. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Kelayakan Pemberian Kredit Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus Koperasi Kemuning Persada Cabang Bandung). NUANSA INFORMATIKA, 14(1), 38-45.

Falatehan, A. I., Hidayat, N., & Brata, K. C. (2018). Sistem pakar diagnosis penyakit hati menggunakan metode fuzzy tsukamoto berbasis android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

(https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom/article/view/2417)

Putra, A. P., Andriyanto, F., Karisman, K., & Harti, T. D. M. (2020). Pengujian Aplikasi Point of Sale Menggunakan Blackbox Testing. Jurnal Bina Komputer, 2(1), 74-78.




DOI: https://doi.org/10.25134/fkom%20uniku.v17i1.7256

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.