ANALISIS KEBUTUHAN GAMEPLAYER KEPADA GAME

Bayu Pamungkas, Maulana Sidiq, Eryan Ahmad Firdaus

Abstract


Saat ini banyak sekali judul video game  yang dirilis dalam berbagai  genre, aspek gameplay begitu penting untuk menarik minat dari pemain dan juga menunjukan pesan kepada para pemain. Dengan gameplay yang baik, pemain akan mempunyai pengalaman dengan menarik dan akan mudah untuk menangkap pesan dari game tersebut. Gameplay yang baik tidak harus menyulitkan para pemain tetapi bisa dinikmati oleh para pemain dan disusun dengan komposisi yang baik dan dipahami oleh pemain. Dengan melakukan survey kepada palyer game untuk mengetahui keinginan para player terhadap game. Untuk menentukan kebutuhan para player diperlukan survey sehingga  menjadi dasar Analisis Kebutuhan Player Game Kepada Game. Evaluasi terhadap kebutuhan  gameplayer kepada game akan digunakan sebagai acuan untuk mengukur kebutuhan para pemain.


References


Krisdiawan, R. A., Permana, A., Darmawan, E., Nugraha, F., & Kriswandiyanto, A. (2021, June). Implementation Dijkstra’s Algorithm for Non-Players Characters in the Game Dark Lumber. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1933, No. 1, p. 012006). IOP Publishing

N. Laurentia and T. Haryadi, “Kajian Desain Kostum Game Lifeafter Sebagai Upaya Mengeksplorasi Gameplay Yang Imersif,” Jurnal Citrakara, vol. 3, no. 1, pp. 69 – 83, 2021.

H. Mahmudi, E. Muhammad, A. Jonemaro, and W. S. Wardhono, “Evaluasi Gameplay pada Game Fall Guys menggunakan Metode Heuristic Evaluation of Playability ( HEP ),” vol. 5, no. 11, pp. 5057–5067, 2021.

A. A. dan Eriq Jonemaro dan Issa Arwani, “Evaluasi Gameplay Pada Game Dreadout Dan Outlast 2 Menggunakan Metode Heuristic For Evaluating Playability,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, pp. 4125–4133, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2851

A. Hakim, E. Muhammad, A. Jonemaro, and W. S. Wardhono, “Evaluasi Game play Autochess Mobile Game Menggunakan Mechanic Dynamic Aesthetic Framework,” Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya, vol. 4, no. 1, pp. 295–304, 2020.

E. A. F. Oding Herdian, Shanti Maulani, “SRATEGI PEMASARAN PRODUK INDUSTRI KREATIF MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING BERBASIS PARTICLE SWARM OPTIMAZATION,” Nuansa Informatika, vol. 15, pp. 1–13, 2021.

E. A. Firdaus, M. Syani, M. R. Muttaqin, and Shanti Maulani, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENUGASAN DAN AKTIVITAS KARYAWAN PADA PT. XYZ,” Nuansa Informatika, vol. 16, pp. 66–76, 2022.

S. Maulani, E. A. Firdaus, and M. Syani, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI INFORMASI KEGIATAN MASJID (STUDI KASUS: MASJID AL BARAKAH),” Nuansa Informatika, vol. 16, pp. 55–65, 2022.

E. A. Firdaus, S. Maulani, and A. B. Dharmawan, “Pengukuran Minat Baca Mahasiswa Dengan Metode Clustering Di Perpustakaan Akademi Keperawatan Rs.Dustira Cimahi Menggunakan Data Mining,” Nuansa Informatika, vol. 15, no. 1, p. 32, 2021, doi: 10.25134/nuansa.v15i1.3856.

Syani Mamay, R. M. Tresna, E. A. Firdaus, and F. F. Nugraha, “PENERAPAN NETWORK ACCESS CONTROL AUTENTIKASI INTERNAL NETWORK SECURITY PROTOKOL 802.1 X,” Nuansa Informatika, vol. 16, pp. 77–86, 2022.




DOI: https://doi.org/10.25134/fkom%20uniku.v17i1.7300

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.