Implementasi Algoritma Boids Untuk Pergerakan NPC Pada Game Awas Corona

Rio Andriyat Krisdiawan, Muhammad Abdullah Fadli, sherly gina supratman

Abstract


Perkembangan teknologi game yang semakin berkembang, serta kemudahan aksesnya membuat game dapat dimainkan di berbagai perangkat dan semua kalangan masyarakat. Teknology game dapat digunakan untuk berbagai keperluan diantaranya sebagai edukasi, simulasi dan pembelajaran. Dimasa pandemi covid-19, masyarakat dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran virus corona. Akan tetapi berdasarkan data observasi, masih banyak masyarakat yang belum mematuhi protocol kesehatan untuk pencegahan covid-19. Peneliti melakukan penelitian ini dengan memanfaatkan teknologi game sebagai media edukasi penerapan protokol kesehatan dimasa pandemi. Pembuatan game edukasi dan simulasi tidak lepas dari komponen utama dalam game yaitu adalah NPC (Non Player Characters) yang membuat game menjadi menarik dan menantang. Algoritma Boids digunakan untuk mengatur pergerakan berkelompok NPC. Algoritma boids memiliki tiga aturan yaitu Alignment, Separation, dan Cohesion. Penerapan algoritma boids pada NPC game berguna untuk menentukan pergerakan NPC berdasarkan penentuan jarak setiap NPC, kecepatan, dan menyesuaikan arah gerak NPC agar tidak saling bertabrakan. Metode pengembangan game yang digunakan untuk membuat game awas corona adalah GDLC (Game Development Life Cycle). Berdasarkan hasil pengujian, dengan menerapkan algoritma boids dalam pergerakan berkelompok terlihat dinamis dan tidak saling tabrak satu sama lain. Hasil pengujian kepada user menggunakan User Acceptance Test (UAT), game awas corona ini mendapat respon yang cukup baik dan dapat diterima dengan nilai persentase keseluruhan 85% untuk unsur edukasi, tampilan, tantangan dan kesenangan.

Kata Kunci :Game Awas Corona, Non Player Characters,  Algoritma Boids


References


A. P. E. D. F. N. A. K. Rio Andriyat Krisdiawan, "Implementation Dijkstra’s Algorithm for Non-Players Characters in the Game Dark Lumber," in Journal of Physics: Conference Series, Kuala Lumpur Malaysia, 2021.

D. R. &. I. M. B. Harefa, "Penerapan Algoritma Boids Pada NPC (NON PLAYER CHARACTER) Dalam Game Menembak Burung.," Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Palembang, 2019.

R. A. Krisdiawan, "Implementasi Model Pengembangan Sistem Gdlc Dan Algoritma Linear Congruential Generator Pada Game Puzzle.," Nuansa Informatika,, vol. 12, no. 2, p. 12, 2018.

. Hidayah, N. (2015). Pergerakan dan Perilaku Non Player Characters pada Permainan First Person Shooter dengan Algoritma Boids dan Logika Fuzzy. Banjarbaru.

. Jaya, T. S. (2018). Pengujian aplikasi dengan metode blackbox testing boundary value analysis (studi kasus: kantor digital Politeknik Negeri Lampung). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 45-48.

. Krisdiawan, R. A. (2018). Implementasi Model Pengembangan Sistem GDLC dan Algoritma Linear Congruential Generator pada Game Puzzle. Nuansa Informatika, 12(2).

. Patimah, S., & Sundari, S. (2020). PEMBUATAN GAME REPTIL MENGGUNAKAN ALGORITMA BOIDS BERBASIS ANDROID. In SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI KE-7 (Vol. 1, No. 1, pp. 304-309)

. Reynolds, C. W. (1999, March). Steering behaviors for autonomous characters. In Game developers conference (Vol. 1999, pp. 763-782).

. Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA. Bandung: Informatika Bandung.

. World Health Organization. (2021). “Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus.” https://www.who.int/indonesia/news/no vel-coronavirus/qa/qa-for-public. 16 April 2021




DOI: https://doi.org/10.25134/fkom%20uniku.v17i1.7344

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.