IMPLEMENTASI CRM OPERASIONAL PADA SISTEM INFORMASI LEBMAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SEA DARMA KECAMATAN DARMA KABUPATEN KUNINGAN

Dadan Ramadan

Abstract


ABSTRAK

 

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan “SEA” adalah sebagai salah satu tempat bimbingan belajar untuk SD, SMP, SMA yang memiliki jumlah siswa yang cukup banyak. Pada saat ini persaingan antar lembaga pendidikan semakin ketat seiring dengan semakin banyaknya jumlah LKP tersebut. Untuk memecahkan solusi tersebut maka LKP SEA perlu menggabungkan pemikiran strategi, sumberdaya manajemen, dan pemanfaatan teknologi agar dapat lebih memahami dan melayani pelanggan mereka yang semakin canggih. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan improvisasi dan peningkatan pelayanan maupun promosi kepada pelanggan pada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan “SEA” Darma adalah dengan menerapkan metode  CRM yaitu Customer Relationship Management. Sistem informasi lembaga kurus dan pendidikan LKP SEA berbasis web dapat mempermudah siswa dalam melakukan pendaftaran dan memperoleh informasi yang lengkap mengenai paket BIMBEL yang tersedia. Sistem informasi lembaga kurus dan pendidikan LKP SEA berbasis web dapat mempermudah siswa dalam melakukan pembayaran biaya pendidikan dengan metode transfer bank. Sistem ini mempermudah siswa dalam memperoleh informasi nilai akademik yang diperolehnya. Selain itu sistem dapat membantu pihak LKP-SEA dalam mengembangkan pemasarannya serta jangkauan pelayanan pendidikannya. Sistem ini dapat dikembangkan menjadi sistem yang lebih luas dan diterapkan pada berbagai jenis lembaga pendidikan lainnya.Perlu adanya pengembangan sistem terutama untuk sistem akademik untuk pendidikan non formal.Perlu adanya sistem yang mendukung modul pelayanan pendidikan non formal berbasis online sehingga siswa dapat memperoleh informasi lebih lengkap mengenai pelayanan pendidikan yang disediakan pada suatu wilayah regional.Perlu adanya kerja sama antar pihak yang berpeluang memanfaatkansistem informasi untuk kemudahan pemasaran lembaga pendidikan non formal berbentuk LKP.

 

Kata Kunci      : Sistem informasi,Customer Relationship Management

References


DAFTAR PUSTAKA

Agus Mulyanto, 2009. Sistem InformasiKonsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Azhar Susanto, 2008. Sistem Informasi Akutansi. Lingga Jaya Bandung.

Bin Ladjamudin, Al ¬Bahra. 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Francis, 2007. Customer Relation Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) Concept And Tool. Banyumedia. Malang

Jogiyanto. 2001. Analisis dan perancangan system. Andi Offset. Yogyakarta.

Laudon, 2010. Management Information Syistem: Managing The Digital Firm. Prentic Hall. New Jersey

Marakas George M, 2008. Management Information Syistem 8th Education. McGraw Hill. New York.

McLeod, Raymond &Schell, P, 2001. Management Information Syistem. Pearson Education. New Jersey

Ovi Dyantina, 2012. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN). Komputer Universitas Sriwijaya. Palembang.

Kristanto Andri. 2003. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Kolter, 209. Marketing Management, 11th edition, New Jersey : Prentice Hall.

Roger S. Pressman, 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu), ANDI Yogyakarta.

S, Rosa, Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit Informatika Bandung, Bandung.

Sutarman, 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Zulkarnain, 2016. Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada E-Commerece Business To Customer. Universitas Bina Darma. Palembang.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v10i2.994

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.