PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KEDAI JUANDA

Dena Selia, Vigory Gloriman Manalu, Faishal Rahimi

Abstract


The study conducted at Juanda Shop Consumers aimed to explore how social media promotions and electronic word of mouth (E-Wom) impact purchasing decisions, using purchase intention as a mediator. The research involved 100 respondents surveyed through questionnaires and analyzed using path analysis. The findings indicated that (1) and (2) positively and significantly affect purchasing decisions, (3) social media promotions positively influence purchase intention, (4) E-Wom has a positive and significant impact on purchase intention, (5) purchase intention significantly affects purchasing decisions, (6) purchase intention mediates the relationship between promotions and purchase decisions, and (7) purchase intention doesn't act as a mediator between electronic word of mouth and purchase decisions.

 

Keyword: Promotion of Social Media, Electronic Word of Mouth, Purchase Intentio, Purchase Decisions


References


Anjarwati, M. L., Bisnis, D. A., & Diponegoro, U. (2019). Pengaruh Country Of Origin Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli ( Studi Pada Konsumen Sheet Mask Innisfree Di FISIP Universitas Diponegoro ) Pendahuluan. X(3), 1319–1329.

A.Subana, N. (2019). THE ROLE OF PURCHASE INTENTION ON MEDIATING THE RELATIONSHIP. 2(February), 33–39. Https://Doi.Org/10.18551/Rjoas.2019-02.06

Ayumi& Budiatmo 2021. (N.D.). SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Pada Konsumen Hypermart Paragon Semarang ) Pendahuluan Kajian Teori. X(2), 1169–1176.

Buchari, Alma. 2017. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Dayanti, D. (2021). Pengaruh E-Wom (Electronic Word Of Mouth), Digital Marketing Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Kosmetik Sari Ayu Kabupaten Semarang). Repository IAIN Salatiga. Http://E-Repository.Perpus.Iainsalatiga.Ac.Id/Id/Eprint/11599

Entrepreneur, J. M., Vol, F. E. B. U., Harga, P., Promosi, D. A. N., Melalui, O., Terhadap, I., Pembelian, K., Minat, D., Sebagai, B., Intervening, V., Toko, P., Di, R., Abdurachman, U., Situbondo, S., Abdurachman, U., Situbondo, S., Tulhusnah, L., Abdurachman, U., & Situbondo, S. (2022). No Title. 1(9), 1765–1783.

Gozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM 19. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hamzah, Amir. 2021. “Analisis Harga Saham Index Kompas 100 Dengan Pendekatan Error Correction Model.” Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan 4(1):30–37.

Hamzah, Amir, And Dan Dadang Suhardi. 2019. “Tingkat Literasi Keuangan Dan Financial Technology Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Kabupaten Kuningan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) 5(2):97–108.

Hamzah, Amir, And Dadang Suhendar. 2020. “Financial Inclusion Model On The Development Of Batik Smes In Cirebon Regenvy.” Jurnal Minds : Manajemen Ide Dan Inspirasi 7(2):95–104. Doi: 10.24252/Minds.V7i2.16512.

Hamzah, Amir, Dadang Suhendar, And Agus Zainul Arifin. 2023. “Factors Affecting Cloud Accounting Adoption In Smes.” Jurnal Akuntansi 27(3):442–64. Doi: 10.24912/Ja.V27i3.1520.

Hamzah, Amir, And Nurfania Sukma. 2021. “Determinasi Financial Technology Dengan Pendekatan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology Ii.” 11(1):1–14.

Hamzah, Amir, Syahrul Syarifudin, And Enung Nurhayati. 2023. “Determination Analysis Of Investment Decision-Making.” 9(2):15–26. Doi: 10.34203/Jimfe.V9i2.7211.

Hamzah, Amir, Herma Wiharno, Teti Rahmawati, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Kuningan, And Jawa Barat. 2022. “Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Di Era Pandemi Covid-19 Dalam Mencegah Family Financial.” Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat 05:272–78.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia (Pertama). Yogyakarta: Andi

Kotler, Philip (2002), Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Salemba Empat, Jakarta

Kotler Philip Dan Amstrong 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1,Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip; Amstrong, Garry, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philips Dan Gary Amstrong. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks

Kotler, Philips, Dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid Dua. Jakarta: Erlangga.

Massie, K. S. (2016). The Effect Of Social Media, Direct Email, And Electronic Word Of Mouth On Consumer Purchase Decision. 4(2), 714–725.

On, A. S., Se, S. I., & Fashion, S. A. (2020). The Impact Of E- Wom And Advertising On Purchase Decision Si.Se.Sa Syar’i Clothes With Brand Awareness As An Intervening Variables (A Study On Si.Se.Sa Fashion Consumers). 23(1), 255–261.

Pebriyanti, N. K. L., Hartati, P. S., & ... (2022). Pengaruh Promosi Online Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Widya Amrita: Jurnal …, 2(1), 73–81. Https://Ejournal.Unhi.Ac.Id/Index.Php/Widyaamrita/Article/View/1750%0Ahttps://Ejournal.Unhi.Ac.Id/Index.Php/Widyaamrita/Article/Download/1750/1058

Prihatini Ishak, R. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Wargi Bogor. Tourism Scientific Journal, 7(2), 187–199. Https://Doi.Org/10.32659/Tsj.V7i2.178

Putri, C. S., & Ciputra, U. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian. 1.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode penelitian bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R & B, Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2013 , Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Penerbit Andi Offset

Sumarwan. (2012). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya

Tjiptono, F. 2011. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI

Wintang, F. P., & Pasharibu, Y. (2021). Electronic Word of Mouth, Promosi Melalui Media Instagram dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(1), 115–124.




Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kuningan

Jl. Tjut Nyak Dhien No 36 A Cijoho Kuningan,

Telp. 081291177788

E-mail: [email protected]

https://journal.uniku.ac.id/index.php/jeam