RANCANG BANGUN APLIKASI PANDUAN AKADEMIK SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PEDOMAN PERKULIAHAN BAGI CALON MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS KUNINGAN BERBASIS ADOBE FLASH CS3
Abstract
Di era globalisasi sekarang, perkembangan teknologi komputer demikian pesatnya, yang memiliki
fungsi awal sebagai alat bantu dalam menyelesaikan persoalan dan masalah dalam segala bidang
kemudian memasuki fungsi sebagai media informasi dan sebagai media pembelajaran. Salah satu
perkembangan teknologi informasi yang banyak dimanfaatkan adalah animasi. Hal ini ditandai
dengan banyak aplikasi yang berbasis animasi yang sudah banyak diterapkan dalam media
pembelajaran di kampus.
Memasuki jenjang perguruan tinggi setiap calon mahasiswa harus bisa mengenal kehidupan dan
panduan akademik di kampus yang dapat dijadikan sebagai pedoman perkuliahan. Sehubungan
dengan hal ini perlu adanya pengenalan panduan akademik yang lebih menarik, atraktif dan efektif
bagi calon mahasiswa baru sehingga dapat diterapkan dan mudah dipahami oleh calon mahasiswa
baru Universitas Kuningan.
Penelitian ini membuat suatu aplikasi panduan akademik berbasis animasi menggunakan Adobe
Flash yang menarik dan mudah dipahami oleh calon mahasiswa baru. Aplikasi ini dapat memberi
manfaat dan pengetahuan bagi calon mahasiswa di Universitas Kuningan yang baru mengenal
lingkungan kampus.
Keywords : Aplikasi, Multimedia Interaktif, Panduan Akademik, Adobe Flash,
Media Informasi.
fungsi awal sebagai alat bantu dalam menyelesaikan persoalan dan masalah dalam segala bidang
kemudian memasuki fungsi sebagai media informasi dan sebagai media pembelajaran. Salah satu
perkembangan teknologi informasi yang banyak dimanfaatkan adalah animasi. Hal ini ditandai
dengan banyak aplikasi yang berbasis animasi yang sudah banyak diterapkan dalam media
pembelajaran di kampus.
Memasuki jenjang perguruan tinggi setiap calon mahasiswa harus bisa mengenal kehidupan dan
panduan akademik di kampus yang dapat dijadikan sebagai pedoman perkuliahan. Sehubungan
dengan hal ini perlu adanya pengenalan panduan akademik yang lebih menarik, atraktif dan efektif
bagi calon mahasiswa baru sehingga dapat diterapkan dan mudah dipahami oleh calon mahasiswa
baru Universitas Kuningan.
Penelitian ini membuat suatu aplikasi panduan akademik berbasis animasi menggunakan Adobe
Flash yang menarik dan mudah dipahami oleh calon mahasiswa baru. Aplikasi ini dapat memberi
manfaat dan pengetahuan bagi calon mahasiswa di Universitas Kuningan yang baru mengenal
lingkungan kampus.
Keywords : Aplikasi, Multimedia Interaktif, Panduan Akademik, Adobe Flash,
Media Informasi.
Full Text:
PDFReferences
Amir F. Sofyan, 2005. Modul Multimedia.
Yogyakarta : STMIK AMIKOM
Yogyakarta.
Amir F. Sofyan, 2006. Modul Multimedia
TI. Yogyakarta : STMIK
AMIKOM Yogyakarta.
M. Suyanto, 2003. Multimedia Alat Untuk
Meningkatkan Keunggulan
Bersaing. Yogyakarta : Andi
Offset.
M. Suyanto, 2004. Analisis dan Desain
Aplikasi Multimedia Untuk
Pemasaran. Yogyakarta : Andi
Offset.
Muh Husen Mussahada, Uun Rohanto.
Membuat Company
Profile dengan Adobe Flash.
Jogjakarta : PT Skripta
DOI: https://doi.org/10.25134/jejaring.v1i1.261
DOI (PDF): https://doi.org/10.25134/jejaring.v1i1.261.g203
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JEJARING (Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika)
p-ISSN 2527-3930 , e-ISSN 2614-5448
Organized by:
Program Studi Manajemen Informatika DIII
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan
Address: Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513
Website: http://journal.uniku.ac.id/index.php/jejaring
E-mail: [email protected]
JEJARING is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.