Rancang Bangun Game Getuk Shooter Menggunakan Algoritma Collision Detection Berbasis Android
Abstract
Android Based Game has grown rapidly, with the growing user of smartphones and tables in this world. The game maker industry also has many opportunities to produce games. Many advantages of producing games because of many enthusiasts for the game. Making game is an interesting field to learn because of the great potential both in terms of science and in terms of commercial. In this study the author designs and builds an application of the Android based Getuk Shooter game using Collision Detection algorithm for collision attack detection. The method used in this research is RUP method, which is method of software development done repeatedly. The result of this research is to produce Android based mobile game in the form of single player getuk vertical shot that can train the dexterity of player with 2D display and it consists of 3 levels, which can run on android smartphone.
Key words : Android, game, collision, shooting
References
A.S, Rosa dan M. Salahuddin. 2011. Rekayasa
Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi
Objek. Bandung : Informatika Bandung
Asmiatun Siti. 2016. Penerapan Algoritma Collision
Detection dan Bayesian Untuk Strategi
Menyerang Jarak Dekat Pada NPC (Non Player
Character) Menggunakan Unity 3D. Fakultas
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Universitas Semarang.
Chandra, Cato dan Zakaria, Teddy M. 2008. Be Smart
Be Profesional With Microsoft Office 2007.
Bandung : Informatika.
H. Darmawan Erico. 2011. Pemograman Berorientasi
Objek C#. Bandung : Informatika Bandung
Kadir, Abdul. 2003. Perancangan Sistem Informasi.
Yogyakarta : Andi
Komputer Wahana.(2009). Kamus Lengkap Dunia
Komputer.Yogyakarta : Andi.
Ladjamudidin B, Al-Bahra bin. 2006. Rekayasa
Perangkat Lunak. Yogyakarta : Graha Ilmu
Musfiroh Lia,dkk. 2014. Penerapan Algoritma Collision
Detection dan Boids Pada Game Dakkaebi
Shooter. Program Studi Teknik Informatika,
Fakultas Teknik, Universitas Muria Kudus.
Nisa Yulianti Haerun,dkk. Penerapan Metode Collision
Detection Dalam Permainan Berbasis Android.
Program Studi Ilmu Komuter, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Pakuan.
Pranata Arya Baskara,dkk. 2015. Mudah Membuat
Game dan Potensi Finansialnya dengan Unity
D. Jakarta, PT. Elex Media Komputindo
Presman, Roger, S.(1997).Rekayasa Perangkat Lunak:
Pendekatan Praktisi (Edisi
satu).Yogyakarta.Penerbit:Andi
Pressman. S. Roger, (2012). Rekayasa Perangkat Lunak
(Buku Satu). Yogyakarta : Andi Publisher.
Safaat H.Nazruddin (2012).Pemrograman Aplikasi
Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis
Android.Yogyakarta.Penerbit:Informatika,
Simarmata Janner.(2010).Rekayasa Perangkat
Lunak.Penerbit:Andi, Yogyakarta
(https://multimediasmktarunabhakti.wordpress.com/20
/05/22/pengenalan-staruml/ Diakses tgl 13-
-2018 jam 07:38)
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke JEJARING jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini memindahkan setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk JEJARING. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk materi yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan tugas ini. Formulir transfer hak cipta akan dikirim melalui email sebelum artikel dipublikasikan.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang bersangkutan, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.