Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Hewan Berbasis Android Menggunakan Unity 3D
Abstract
Today technology increases rapidl. It should be used in every side of human lifewhich aims to get information. It is useful, helpful and it facilitates human life. The role oftechnology is not only seen in an adult's life, but also children’s lifes, especially in education. The technology will be focused in this research is the technology insmart phones and android, in order to facilitate the child in learning animals introduction. In thedevelopment of this application, it is made as easy as possible in operational control on the gameplay. Education game assessed can add interest in learning according to the survey conducted with the results of the questionnaire from respondents. This game can be run on an android device onsome versions of the operating system, such as Jellybean, Kitkat and Lollipop.Education game is as a means of learning at the same time playing for children, especially children aged 4-6years in order to learn more about the names of the animals.
Keywords: game, android, unity 3D, education.
References
Republika. (2011). ITS Luncurkan Game
Pendidikanhttps://www.republika.co.id/berita/pendi
dikan/berita-pendidikan/11/05/04%0D%09/lko2djits-
luncurkan-game-pendidikan
Samuel Henry (2010). Cerdas dengan Game
Panduan Praktis bagi Orangtua dalam
Mendampingi Anak Bermain Game. Yogyakarta:
Kompas Gramedia
Ambler, S. W. 2005. The Elements of UML 2.0
Style. Cambridge University Press: United States of
America.
Surati, Strategi Pembangunan Game Edukasi
Berbasis Desktop Untuk Anak Usia 4-6 Tahun,
Jurnal Speed Vol 11 No 1 – 2014, ISSN 1979 –
Yogi Siswanto, Bambang Eka Purnama, Rancang
Bangun Aplikasi Mobile Game Edukasi Ilmu
Pengetahuan Alam Untuk Anak Kelas VI Sekolah
Dasar, Journal Speed – Sentra Penelitian
Engineering dan Edukasi – Volume 5 No 4 - 2013,
ISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online)
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke JEJARING jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini memindahkan setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk JEJARING. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk materi yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan tugas ini. Formulir transfer hak cipta akan dikirim melalui email sebelum artikel dipublikasikan.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang bersangkutan, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.