Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Komputer Dan Kuis Pilihan Ganda Berbasis Web
Abstrak
This study aims to design and build the application of flash-based learning media on ICT subjects with the topic of computer introduction. This application was created as a learning medium for students of class XI MTs Al Ma'Mur Ciawigajah. Flash-based learning media applications can be used as an alternative learning media for students. The method used in designing and building applications using the waterfall method consists of five stages, namely Requirement Analysis, System Design, Implementation, Integration, Testing, and Operation & Maintenance. Based on the results of implementation and application testing, the application can run well in accordance with the required specifications and can be used as a medium for student learning. The quiz feature found in the learning application can be used as an evaluation material for teachers in providing an assessment of student learning outcomes.
Keywords: Media, Learning, Flash, Computer, Application
Referensi
Abdulrahman, H 2014. Aplikasi Pinjaman
Pembayaran Secara kredit pada Bank Yudha
Bhakti. [Online]. Tersedia : http://jurnal.stmikmi.
ac.id/index.php/jcb/article/view/114. [2
Desember 2014]
Hasyim, N 2014. Rancang Bangun Sistem
Koperasi Berbasis Web pada Koperasi Warga
Baru MTs N 17 Jakarta. [Online]. Tersedia :
http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/sisteminfor
masi/article/view/2172. [17 Juni 2014]
Indra, C 2012. Penggunaan Aplikasi Multimedia
Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer
Berbasis Macromedia Flash Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran
TIK Siswa Kelas XI SMA N 1 Godean
[Online]. Tersedia :
Desember 2012]
Oktaviani, L 2017. Media Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial Untuk Siswa Sekolah
Dasar Kelas IV berbasis Multimedia. [Online].
Tersedia : http://repository.upy.ac.id/1466/. [29
Agustus 2017]
Syahroel, A 2014. Pengertan Context Diagram
Beserta Simbolnya. [Online]. Tersedia :
http://waodeanhas.blogspot.com/2015/04/peng
ertian-context-diagram-beserta.html. [1 April
Rafiqi, D 2016. Pengertian dan Simbol DFD
(Data Flow Diagram). [Online]. Tersedia :
https://rafibanget.blogspot.com/2017/12/penger
tian-dan-simbol-dfd.html. [2 Desember 2017]
Seriilmu, B 2018. Pengertian Entity
Relationship Diagram (ERD) dan Simbol ERD
dan bentuk Kardinalitas. [Online]. Tersedia :
http://serilmu.blogspot.com/2018/11/pengertia
n-entity-relationship-diagram.html. [12
November 2018]
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke JEJARING jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini memindahkan setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk JEJARING. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk materi yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan tugas ini. Formulir transfer hak cipta akan dikirim melalui email sebelum artikel dipublikasikan.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang bersangkutan, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.