Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman

Rahayu Syafari, Aan Nurhasanah, Siti Aisah

Abstract


This study aims to describe mistakes made by students in solving math story problems on the KPK and FPB materials based on Newman’s prosedures in grade IV elementary school in Salado  district. In this study, the types of errors made by students were analyzed based on Newman’s theory of procedures and the causes of errors. The approach in this study uses a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques used are documentation studies and interviews. Based on the results of the study, it can be concluded that the types of errors that arise when students solve KPK and FPB story problems are: (1) reading errors, (2) reading comprehension, (3) transformation errors, (4) process skill, (5) encoding errors. The factors that cause students make mistakes are: a) the lack of students ability to read; b) students have difficulty understanding the questions; c) students forget to write down the information that is known and asked; d) do not understand the concepts of KPK and FPB; e) errors in the previous stage; f) lack of accuracy of students in writing the calculation process; and g) students forget to the write down the conclusion of the answer.


Keywords


student errors, Newman procedure, story questions, KPK and FPB, causal factors.

References


Fachrurazi. 2017. “PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR PADA MATERI FPB DAN KPK DENGAN MODEL PENYAJIAN PAKET MAKANAN.” Al-Khawarizmi 1(2):113–22.

Islamiyah, Anna Citra, Sudi Prayitno, and Amrullah Amrullah. 2018. “Analisis Kesalahan Siswa SMP Pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” Jurnal Didaktik Matematika 5(1):66–76. doi: 10.24815/jdm.v5i1.10035.

Nurhasanah, Aan. 2017. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Pecahan Melalui Media Blok Pecahan Pada Siswa Kelas Iv Sdnegeri Cidahu 1 Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan Jawa Barat.” Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial 6(2):86–90.

Safitri, Darni. 2017. “Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman.” Jurnal Dewantara III:47–59.

Singh, Parmjit, Arba Abdul Rahman, and Teoh Sian Hoon. 2010. “The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: A Malaysian Perspective.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 8(5):264–71. doi: 10.1016/j.sbspro.2010.12.036.

Desriyati, dkk. (2015). Jurnal Sains Matematika dan Statistika, Vol. 1, No. 1: Cara lain Menentukan KPK dan FPB. Diakses pada https://ejournal.uin- suska.ac.id pada 21 Januari 2021 pukul 19. 50 WIB.

Dewi, S,. Suarjana & Sumantri. (2014). Jurnal Mimbar PGSD Universitas pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No:1 Tahun 2014): Penerapan Model Polya untuk Meningkatkan Hasil belajar Dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V. diakses pada https://ejournal.undiksa.ac.id pada 19 Januari pukul 21.42 WIB.

Ernawati, dkk. (2020). Supremum Journsl of Mathematics Education Volume 4 Number 1: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Siswa kelas V Sd Negeri 2 Cisandawut Tahun Ajaran 2018/2019. Diakses pada https://journal.unsika.ac.id pada 21 Januari 2021 pukul 18.25 WIB.

Fitriatien, S. (2019). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika: Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Diakses pada https://journal.upgris.ac.id pada tanggal 19 Januari 2021 pukul 22.48 WIB.

Gendis, M,. Nusantara, T., & sa’dijah, C. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPB. Diakses pada https://publikasiilmiah.ums.ac.id pada 21 Januari 2021 pukul 19. 30 WIB.

Gunawan, A. (2016). Jurnal PGSD Vol 9, No 2: Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Diakses pada https://ejournal.unib.ac.id pada 21 Januari 2021 pukul 18.21 WIB.

Istiqomah, N. (2016). UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4 No 2: Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas XI SMK Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Diakses pada https://jurnal.ustjogja.ac.id pada 20 Januari 2021 pukul 15.55 WIB.

Kurniasih, I. (2015). Jurnal Pendidikan Matematika Vol 8, No 1: Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newman’s Error Analysis in Mathematical Word Problems). Diakses pada https://jurnal.unimed.ac.id pada 20 Januari 2021 pukul 14.55 WIB.

Mustaqim, B & Astuti, A. (2008). Ayo Belajar Matematika Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarka: Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan nasional.

Moeloeng. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Nanna, W, dkk. (2020). Journal Sigma Vol.6. Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Diakses pada https://scholar.google.co.id pada 8 Juli 2021 pukul 12.20 WIB.

Pujiati &Suharjana, A. (2011). Pembelajaran Faktor Persekutuan Terbesat dan Kelipatan Persekutuan Terkecil di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Raduan, I. Hj. (2010). Error analysis and the corresponding cognitive activities committed by year five primary students in solving mathematical word problems. Diakses pada 18 Januari 2021 pukul 10.35 WIB.

Rahardjo, dkk. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup




DOI: https://doi.org/10.25134/logika.v12i2.5084

Refbacks



Logika : Jurnal Penelitian Universitas Kuningan

ISSN 2085-997X (print), ISSN 2715-4505 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/logika/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

Logika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0