Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19 dan Tantangannya di Era Industri 4.0

Arief Rahman

Abstract


Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti atau penanaman nilai-nilai baik yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang. Yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggungjawab, kerja keras, dan lain sebagainya. Guru membantu membentuk watak peserta didik. Hal ini mencakup keteladanan bagaimana perilaku guru berbicara atau menyampaikan materi, bertoleransi, dan berbagai hal terkait lainnya pendidikan karakter merupakan pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam bahan ajar. Dengan demikian, menurut penulis tujuan pendidikan karakter memiliki fokus pada pengembangan potensi peserta didik secara keseluruhan agar dapat menjadi individu yag siap menghadapi masa depan dan mampu survive mengatasi tantangan zaman yang dinamis dengan perilaku yang terpuji sesuai Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan penelelitian kepustakaan. Hasil penelitian adalah nasihat Luqman berisi perintah, yaitu : Syukur kepada Allah;  Berbuat baik kepada orangtua; Berbuat kebajikan; Menegakkan shalat; Amar ma’ruf Nahi munkar; Bersabar dalam menghadapi cobaan; Sederhana dalam kehidupan; Bersikap sopan dalam berkomunikasi dan Adapun yang berbentuk larangan sebagai berikut: Larangan syirik; Larangan bersikap sombong dan Larangan berlebihan dalam kehidupan menghindari dampak negatif teknologi maka perlu peningkatkan spritualitas melalui habituasi sehingga mampu mengantarkan pada karakter yang baik


Keywords


Pendidikan Karakter, Guru, Sekolah, Murid, Anak-Anak

References


Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018)

Abdullah Idi, Etika Pendidikan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2019).

Ahmad Musthafa Al Maraghi, Tafsir Al-Maraghi, juz 19, ( Tanpa penerbit, 2018).

Arif Furchon dan Agus Maimun, Studi Tokoh: Metode Penelitian Mengenai Tokoh, (Yogyakarka: Pustaka Pelajar, 2017).

Azyumardi Azra, Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 2018)

Dharma Kesuma, dkk., Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2019).

Dian Arif Noor Pratama. Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam E-ISSN: 2549-5720 P-ISSN: 2549-3663 March 2019, Vol. 03 No. 01, p. 198-226

Doni Koesoema A, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, (Jakarta: PT Grasindo, 2017)

Kasali, Rhenald. (2017). Distruption: Tak Ada Yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi Motivasi Saja Tidak Cukup. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Muhaimin, Konsep Pendidikan Islam, (Solo: Ramadhan, 2018).

Mustofa Rahman, Paradigma Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018).

Rahmawati, Fitri. (2018). Kecendrungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Distrusi. Tadris. Vol.13 No 2.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, ( Jakarta : Kalam Mulia, 2019).

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: CV Alfabeta, 2015).

Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, (Jakarta: Ar Ruzz Media, 2018).

.




DOI: https://doi.org/10.25134/logika.v13i02.7027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Logika : Jurnal Penelitian Universitas Kuningan

ISSN 2085-997X (print), ISSN 2715-4505 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/logika/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

Logika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0