Author Guidelines

The Manuscript General Guidelines :

Pedoman penulisan artikel di Logika : Journal of Multidisciplinary Studies adalah sebagai berikut :

 

  1. Naskah adalah hasil pengabdian, asli belum pernah dipublikasikan dibuktikan dengan surat pernyataan;
  2. Naskah tersebut tidak mengandung unsur plagiat;
  3. Redaksi Logika : Journal of Multidisciplinary Studies, menerima naskah hasil pengabdian kepada masyarakat, melalui sistem online dengan mendaftarkan diri melalui Operation Journal System (OJS) (dengan link https://jurnal.uniku.ac.id/index.php/empowerment), kemudian mendaftar sebagai penulis;
  4. Panduan penulisan artikel (Template) dapat di download;
  5. Naskah yang dikirim kepada redaksi jurnal, apabila naskah tidak sesuai dengan panduan penulisan, maka naskah akan dikembalikan kembali kepada penulis, sebelum proses berikutnya dilaksanakan;
  6. Naskah yang dikirimkan meliputi beberapa aspek, seperti : Judul Artikel; Abstrak; Pendahuluan; Metode Pelaksanaan; Hasil dan atau Pembahasan; Simpulan; Saran ; Ucapan Terima Kasih; dan Daftar Pustaka;
  7. Setiap penulisan nama orang di cetak tebal, dan setiap penulisan bahasa asing itu di cetak miring;
  8. Naskah yang dikirim terdiri atas 8-15 halaman, dengan format A4, spasi 1.12, huruf  Constantia 12, dan batas 3 cm (kanan, kiri, atas dan bawah), dengan menggunakan program Microsoft Office Word;
  9. Naskah   dilengkapi   dengan   biodata   penulis, meliputi:   Nama, Asal Perguruan Tinggi, Alamat E-mail, Riwayat Pendidikan. Semua halaman naskah termasuk tabel, lampiran, dan referensi harus diberi nomor urut halaman. Setiap tabel atau  gambar diberimnomor urut, judul, dan sumber kutipan.
  10. Kutipan dapat berupa bodynote dan footnote disesuaikan dengan keilmuan masing-masing;
  11. Kutipan yang diacu di dalam teks mengunakan bodynote yaitu nama akhir, tahun. contoh (Halim, 2017);
  12. Kutipan  yang  diacu  di  dalam  teks  menggunakan  footnote.  yang  ditulis dengan  ukuran  huruf  (font)  10  (sepuluh),  jenis  huruf  Constantia,  sumber  kutipan utama terdiri dari 5 (lima) buah buku, dan 10 (sepuluh) jurnal jurnal dan jangka tahun penerbitan adalah 10 tahun terakhir untuk buku dan 5 tahun terakhir untuk jurnal. Adapun contoh sistematika penulisan footnote,  sebagai berikut :

Untuk Buku, sebagai berikut :

  1. Dwidja Priyatno, (2013), Sistem Pelaksanaan Pidana Penjara Di Indonesia, Bandung, Refika Aditama, hlm. 56.
  2.  Mardikanto dan Soebianto, (2012), Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik, Bandung, Alfabeta, hlm. 73-74.
  3. Iis Ristiani,   (2010),   Peningkatan   Kemauan   dan Kemampuan   Menulis Melalui Pengembangan Karakter Berbasis Konteks, Jakarta, Amara Books, hlm. 100.

Untuk artikel (tulisan dalam bunga rampai), paper atau kertas kerja, sebagai berikut :

  1. Sudardi,     (2000),  Modal  Pengaturan  Hukum  Penataan  Ruang  Kelautan Dalam Pelaksanaan Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah Dan Peraturan Pelaksanaannya, Semarang, Makalah Seminar Nasional Tentang Model Pengaturan Hukum Pengelolaan Wilayah  Laut  yang  Integratif Sebagai Pelaksanaan Otonomi Daerah, UNDIP, hlm. 1.
  2. Iis   Ristiani,   (2014),   Model   Pembelajaran   Bahasa   dan   Sastra  Indonesia dalam Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal, Bandung, Prosiding Seminar Nasional Peran  Bahasa,  Sastra,  dan  Pembelajarannya dama Membangun  Karakter  Generasi Muda, Program Studi Pendidiakn Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi, hlm. 20.

Untuk Website, sebagai berikut :

Haneda Sri Lastoto, Paradigma AS atas Ukraina, http:// www.detik.com/veri-cetak-1/2012/15/pg-12.htm, diunduh pada Selasa, 24 Oktober 2000, Pukul. 11.19 WIB.

Untuk Jurnal :

  1. Uus Ahmad Husaeni, Potensi Ekonomi Desa Mandiri di Kabupaten Cianjur, Journal of Suryakancana Community Empowerment Vol. VIII, No. 02. Edisi Januari 2015, hlm. 14.
  2. Yohanis Rante, Strategi Pengembangan Tanaman Kedelai untuk Pemberdayaan Ekonomi Rakyat di Kabupaten Keerom Provinsi Papua, Jurnal Manajemen dan KewirausahaanVolume. 15, Nomor. 1. 2013, hlm, 75.

 Untuk Wawancara :

Wawancara dengan Anita Kamilah, tanggal 13 Oktober 2016, di Kantor Pusat Kajian Pemberdayaan Ekonomi Desa, pukul. 12.00 -14

Susunan Batang Tubuh (Sistematika) Naskah.

JUDUL NASKAH (TITLE)

Berisi tentang judul artikel yang dibuat secara ringkas dan informative maksimal 15 kata

ABSTRAK (ABSTRACT

Berisi tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil penelitian, simpulan dan saran dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimal 250 kata

PENDAHULUAN 

Berisi tentang latar belakang pengabdian dilakukan berisi riset gap dan rumusan masalah didukung minimal oleh 3 (tiga) artikel terbaru dalam kajian yang sama sebagai bahan komparatif.

METODE PENELITIAN

Berisi tentang metode penelitian  yang digunakan seperti kualitaf, kuantitatif atau mixs methode. Data yang gunakan primer atau sekunder serta analisis yang akan digunakan.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Berisi tentang hasil dan pembahasan penelitian yaitu menjelaskan terkait hasil penelitian, teori yang digunakan dalam pembahasan

SIMPULAN

Berisi tentang simpualn dari hasil penelitian yang menggambarkan keseluruhan dari isi artikel. 

SARAN

Berisi tentang saran-saran perbaikan yang akan dilakukan dimasa yang akan datang.

UCAPAN TERIMA KASIH

Berisi tentang ucapan terima kasih kepada lembaga atau instansi atau masyarakat yang membantu kegiatan penelitian. 

DAFTAR PUSTAKA

Berisi pustaka-pustaka yang merupak sumber dalam melakukang kegiatan pengabdian, diutamakan artikel-artikel dari jurnal ilmiah.

Biodata Penulis (CV- Bersifat Pilihan)

Penulisan Biodata atau CV terdiri dari, nama, tempat tanggal lahir,  alamat rumah, alamat kantor, pekerjaan, nomor telepon/handphone, e-mail, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, workshop, seminar, pelatihan, dan di tanda tangan.

Surat Pernyataan.

Surat pernyataan dari penulis bahwa naskah yang dikirimkan kepada Redaksi Logika : Journal of Multidisciplinary Studies  merupakan naskah orsinil dan belum pernah dipublikasikan pada jurnal mana pun atau pada kegiatan-kegiatan forum ilmiah manapun.