Implementasi Customer Relationship Managemant (CRM) pada Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Puspita Dekorasi Beber Kabupaten Cirebon

Erik Kurniadi

Abstract


Puspita Dekorasi merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang jasa dekorasi backdrop pelaminan. Namun saat ini strategi promosi dan pemasaran yang dilakukan masih bersifat konvensional dimana pelanggan yang akan memesan dekorasi harus datang ke toko dan penyebaran informasi yang tidak efektif membuat pelanggan tidak mengetahui informasi terbaru  sehingga  mempengaruhi  pelanggan  untuk  beralih  ke tempat  lain.  Maka dari  itu, penelitian ini membuat sebuah sistem berbasis web menggunakan metode CRM operasional dengan model pengembangan sistem Waterfall yang terdiri dari analysis, design, coding, testing dan maintenance yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam strategi promosi, pemasaran dan penjualan. Adapun CRM yang diterapkan diantaranya diskon, cashback, promo, kritik dan saran yang dapat membantu pelanggan untuk memberikan kritik dan sarannya sehingga Puspita Dekorasi tahu kepuasan pelanggan terhadap dekorasi yang dipesan. Dengan menerapkan CRM dalam sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas juga memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan.

 


Keywords


Computer

References


Akhmmad Izzudin Amin, Erlan Darmawan, Heru Budianto. 2016. “Implementasi CRM (Customer Relatioship Management) Pada Sistem Informasi Reservasi Fotografi Berbasis Web di Toko Aini Photo Kuningan”. Vol.10. No.2.

Aulia Jannah, Kholid Mawardi, Abdullah. 2017. “Pengaruh Customer Relationship Manajement pada Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei Terhadap Tamu Domestik HARRIS Hotel & Conventios Malang)”. Vol. 50. No.1.

Ali Ibrahim. 2018. “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pelayanan Pelanggan (CORPORATE) Divisi BGES Pada PT TELKOM WOTEL SUMSEL”. Vol.5. No.4.

Buttle. 2007. Customer Relationship Management: Concept and Tools. Francis: Bayumedia Publishing, Malang.

Effendy, Herry Mulyanto. 2020. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Dan Penjualan Pakaian Muslim Berbasis Web Pada Toko Hidayatullah Jambi”. Vol. 5. No.4.

Fathansyah. 2018. Basis Data Revisi Ketiga. Bandung: Informatika.

Greenberg, Paul. 2002 page 24 Customer Relationship Management at the Speed Of Light, Mc-Graw Hill, Berkeley.

Indrajit, R. E., & Djokopranoto, R. 2003. Manajemen Persediaan, Barang Umum dan Suku Cadang Untuk Pemeliharaan dan Operasi. Jakarta: Grasindo.

I Putu Agus Eka Pratama. 2019. Customer Relationship Mangement (CRM). Bandung. Informatik

Kalakota, Ravi dan Robinson. 2001. E- Business 2.0 Roadmap for Success. Addison- Wesley, USA.

Nifantri Agunta, Arip Mulyanto, Sitti Suhada. 2017. “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web Mobile pada Coffe Toffe”. Vol.7. No.2. Gorontalo. (hal 2.)

Presman, R.S.2015. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta : Andi.

Saputra, Agus dan Feni Agustin. 2012. Membangun Sistem Aplikasi E- Commerce dan SMS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sinta Maria. 2018. Perancangan Aplikasi CRM Reservasi kamar berbasis web pada Hotel Mariani. 2(1):2549-0222.

Wilde, Sivilo. 2011. Customer Knowledge Management Improving Customer Relationship through Knowledge Application. New York: Springer Heidelberg Doldrecht.




DOI: https://doi.org/10.25134/logika.v14i01.7533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Logika : Jurnal Penelitian Universitas Kuningan

ISSN 2085-997X (print), ISSN 2715-4505 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/logika/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

Logika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0