Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

1. Keputusan penerimaan dan penolakan naskah akan didasarkan pada penilaian Editor dan Reviewer. Author akan menerima informasi tentang keputusan tidak lebih dari 3 bulan setelah penyerahan.

 

2. Naskah yang diminta untuk direvisi harus segera direvisi oleh Author dan harap segera dikirim kembali maksimal 30 hari.

 

3. Setiap Author bertanggung jawab penuh atas isi tulisan. Masalah seperti plagiarisme akan diselesaikan dengan menggunakan Turnitin oleh kami.

 

4. Author membayar Author Fee jika tulisannya diterbitkan di PEDAGOGI. Hal tersebut demi keberlangsungan pengembangan ilmu pengetahuan.

 

5. Silakan menulis menggunakan Bahasa yang relevan dengan EYD dengan minimal 5000 kata pada kertas ukuran A4. Huruf menggunakan TNR 12 satu spasi dengan margin (kiri, atas, kanan, bawah) 2.5 dan tanpa nomor halaman.

 

5.1. Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, huruf kapital TNR 12 dengan 1 spasi dan posisi tengah, tebal dan maksimal 12 kata.

 

5.2. Jika Author lebih dari satu, tulis Author pertama, Author kedua, dll. Di bawahnya berisi afiliasi dan email yang dapat dihubungi.

 

5.3. Abstrak berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris ditulis dalam satu paragraf dan terdiri dari 150-250 kata, menggunakan Times New Roman 12, satu spasi. Abstrak terdiri dari pendahuluan yang memuat tujuan;  metode penelitian; hasil penelitian dan pembahasan; simpulan  dan saran.

 

5.4. Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang; menjelaskan isu-isu mutakhir yang mengarah pada pentingnya penelitian yang dilakukan. Referensi (pustaka atau penelitian relevan) perlu juga dicantumkan dalam bagian ini, hubungannya dengan justifikasi urgensi penelitian, pemunculan permasalahan penelitian, alternatif solusi, dan solusi yang dipilih. Permasalahan, tujuan penelitian, dan referensi ditulis secara naratif dalam paragraf-paragraf, tidak perlu diberi subjudul khusus. Badan artikel memuat 5000-7000 kata dalam satu kolom.

 

5.5. Metode Penelitian

Berisi jenis penelitian, tempat penelitian, subjek dan objek penelitian, teknik pengumpulan data, prosedur penelitian, dan teknik analisis data, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan cara penelitiannya. Metode dan analisis statistik harus dijelaskan secara terperinci pada bagian ini sehingga memungkinkan bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian sejenis. Sub-sub judul tidak perlu diberi notasi, namun dituliskan dengan huruf kecil berawalkan huruf kapital, TNR Bold, serta rata kiri.

 

5.6. Hasil Penelitian dan Pembahasan

Berisi hasil penelitian empiris atau kajian teoretis yang ditulis dengan sistematis, analisis yang kritis, dan informatif. Pembahasan hasil bersifat argumentatif menyangkut relevansi antara hasil, teori, penelitian terdahulu dan fakta empiris yang ditemukan, serta menunjukkan kebaruan temuan.

Bagian ini merupakan bagian utama artikel hasil penelitian dan biasanya merupakan bagian terpanjang dari suatu artikel. Hasil penelitian yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil “bersih”. Proses analisis data seperti perhitungan statistik tidak perlu disajikan. Hanya hasil analisis saja yang perlu dilaporkan. Tabel dan grafik dapat digunakan untuk memperjelas penyajian hasil penelitian secara verbal. Tabel dan grafik harus diberi komentar atau dibahas. Penggunaan tabel, gambar dsb hanya sebagai pendukung yang memperjelas pembahasan dan dibatasi hanya pada pendukung yang benar-benar substansial, misalnya tabel hasil pengujian statistik, gambar hasil pengujian model dsb.

 

5.7. Simpulan dan Saran

Simpulan menyajikan ringkasan dari uraian mengenai hasil dan pembahasan, mengacu pada tujuan penelitian. Berdasarkan kedua hal tersebut dikembangkan pokok-pokok pikiran baru yang merupakan esensi dari temuan penelitian. Saran disusun berdasarkan temuan penelitian yang telah dibahas. Saran dapat mengacu pada tindakan praktis, pengembangan teori baru, dan/atau penelitian lanjutan.

 

5.8. Ucapan Terima Kasih

Bagian ini boleh diisi, boleh juga tidak ditampilkan. Jika perlu berterima kasih kepada pihak tertentu, misalnya sponsor penelitian, nyatakan dengan jelas dan singkat, hindari pernyataan terima kasih yang berbunga-bunga.

 

5.9. Daftar Pustaka

Format judul, tabel, gambar, kutipan, referensi, dan rincian lainnya mengikuti gaya APA (American Psychological Association). Penggunaan aplikasi Mendeley disarankan untuk penulisan dalam jurnal ini. Referensi dibudidayakan dari sumber primer (jurnal/majalah ilmiah atau laporan penelitian dengan minimal jumlah 15 sumber) dan terkini/terbaru (maksimal 10 tahun).

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Publication: 250000.00 (IDR)

Mulai Volume 8 Nomor 1 Mei 2021 kami menerapkan Author Fee untuk biaya publikasi demi menyediakan sarana bagi Editorial Team untuk terus memberikan jurnal dengan kualitas terbaik kepada Readers.

Fee hanya dibebankan jika artikel Author telah di-Accept oleh Editor untuk siap dipublikasikan. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke rekening bank berikut.
Bank : BRI
No Rek: 0133-01-018784-53-8
a.n : Marlina Eliyanti Simbolon

Konfirmasi WA: 08122157290 & email pedagogi@uniku.ac.id/slamet.arifin@uniku.ac.id