PENGARUH MODEL VCT TIPE ANALISIS NILAI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini didasari oleh rendahnya keterlibatan aktif dan hasil belajar siswa. Fokus penelitian untuk mengeksplorasi pengaruh model VCT tipe analisis nilai terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Metode quasi eksperimen diimplementasikan untuk melaksanakan penelitian ini. Sampel yang dipilih meliputi seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 1 dan 2 Babakanmulya, dengan jumlah total siswa sebanyak 41 orang. Sampel penelitian dipilih dengan teknik pemilihan berdasarkan tujuan atau kriteria tertentu. Aktivitas belajar siswa dinilai menggunakan lembar observasi, sedangkan aspek kognitif diukur melalui pretest dan posttest yang mencakup 15 soal pilihan ganda yang telah tervalidasi oleh dosen ahli serta siswa. Penganalisisan data dilakukan melalui uji t dan uji N-Gain untuk melihat penentuan efektifnya model VCT dan model konvensional. Penelitian ini menemukan bahwa keikutsertaan siswa dalam kelas perlakuan berdampak pada peningkatan tingkat aktivitas belajar mereka, tercatat sebesar 80,42%, yang signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan 61% di kelas pembanding. Data tersebut menunjukkan bahwa aktivitas belajar di kelas perlakuan mengungguli kelas pembanding, mengakibatkan persetujuan terhadap Ha dan penolakan terhadap Ho. Adapun nilai rata-rata kognitif siswa di kelas perlakuan mencapai 86,28, sementara di kelas pembanding mencatatkan nilai 77,35. Berdasarkan pemeriksaan statistik, ditemukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,009 < 0,05, menyatakan persetujuan terhadap Ha dan penolakan terhadap Ho. Dengan kata lain, model pembelajaran VCT yang menganalisis nilai memiliki pengaruh yang menguntungkan terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif pada siswa kelas IV selama proses pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar.
Kata kunci: aktivitas belajar; hasil belajar; model pembelajaran VCT analisis nilai
References
Akhwani, A. (2018). Pembelajaran PPKn Dengan Value Clarification Technique Berbantuan Role Playing Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa SMA. Education and Human Development Journal, 3(2), 121–129. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i2.50
Alya, N. A., Nurfaizah, & Khaerunnisa. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berdiskusi Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V UPTD SD Negeri 64 Barru. Pinisi Journal Of Education, 1–8. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34016
Aminah, S. (2018). Hubungan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batanghari Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, 1–110.
Aruan, Y. (2018). Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Swasta PAB 1 Helvetia Kec. Labuhan Deli Kab. Deli Serdang [Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. In Repository Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7491
Asmaradewi, M. (2018). Hubungan Aktivitas Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. In Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Ayu, D., Purnama, R., Studi, P., Pendidikan, T., & Ganesha, U. P. (2020). Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 183–195. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.29071
Dewi, S. S., Acesta, A., & Purnomo, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik Di Kelas. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 43–56. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2859
Efendi, S., & Reinita. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan VCT Model Matriks Di SDN 36 Cengkeh Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2), 70–78. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/bmp.v8i2.104854
Febriany, F. S., Risdiany, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implikasi Model Pembelajaran VCT ( Value Clarification Technique ) dalam Meningkatkan Kesadaran Nilai Moral pada Pembelajaran PKn di SD. Jurnal Basicedu, 5(6), 5050–5057. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1589
Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507
Fitriyani, Y. (2020). Peran Kecerdasan Emosional Melalui Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Hasibuan, T. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas XI di Pesantren Modern Nurul Hakim. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Hazrofi, M. T. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V MIS Parmiyatu Wassa’adah Percut Sei Tuan. In Universitas Islam Negeri Medan. Universitas Islam Negeri Medan.
Hidayah, S. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Peta Konsep Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu Pada Materi Genetika. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 95. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8091
Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual. PT Refika Aditama.
Lifa, M., Sulistyarini, & Dewantara, J. A. (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Nilai Moral Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 4(4). https://jbasic.org/index.php/basicedu/index
Martha, D., & Aprianti, N. A. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Konsep Kebidanan. Edum Journal, 5(1), 35–44. http://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/108
Novera, E., Daharnis, D., Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349–6356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1723
Novita. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Vct (Value Clarificate Technique) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pkn Kelas V Di Min 12 Medan TA 2018/2019. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Nurasiah, S. (2019). Meningkatkan Sikap Sosial Melalui Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 84–92. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4435
Nurfurqon, F. F., Wardani, D. S., & Wulandari, M. A. (2022). The Effect of The Value Clarification Technology Model on Elementary School Students’ Learning Motivation in Social Studies Learning. Jurnal Basicedu, 6(2), 2556–2564. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2385
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.
Permadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Negeri 90 Seluma. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Rohman, A. D., Hanifah, H., & Hayudina, H. G. (2023). Penggunaan Media Kartu Transformasi Energi Pada Mata Pelajaran Ipas Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Mii Degayu 02 Pekalongan. Prosiding SEMAI 2, 35–43.
Santi, S., Suryanti, H. H. S., & Prihastari, E. B. (2023). Efektivitas Metode Permainan Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 1 Materi Penjumlahan dan Pengurangan SD Negeri Gandekan Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 18800–18806. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9367
Setiana, G. I. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Permainan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas II SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal. In Skripsi. http://lib.unnes.ac.id/17956/1/1402408056.pdf
Siswinarti, P. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar Pkn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18084
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 718–729. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.836
Theofilus, P. (2019). Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 5(2). https://doi.org/10.17509/rb.v5i2.21759.g10671
Wibowo, N. Z., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2022). Model Pembelajaran Value Clarification Technique untuk meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Basiced, 6(3), 3792–3800.
Widayati, E. W. (2022). Pembelajaran Matematika di Era “Merdeka Belajar”, Suatu Tantangan bagi Guru Matematika. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 04(01), 01–10. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1
Wijaya, E. E., Trisiana, A., & Sarafuddin. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya SDN 02 Sukorejo Ponorogo Jawa Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2947–2952. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5660
Copyright (c) 2024 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.