UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI KEGIATAN PEMBIMBINGAN DAN SEMINAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS/SEKOLAH PADA KEPALA SEKOLAH DAN GURU DI KORWIL KAPANEWON KASIHAN

  • Mahilda Dea Komalasari Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Yogyakarta
  • Heru Purnomo Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Yogyakarta
  • Dhiniaty Gularso
  • Ani Widyastuti Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini dilakukan di Korwil Kapanewon Kasihan. Sasaran dalam penelitian ini terdiri dari 10 kepala sekolah dan 10 guru selama 78 JP dengan 24 JP teori dan 54 JP praktik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas/sekolah (PTK/PTS). Secara keseluruhan, upaya meningkatkan kompetensi profesionalisme guru Korwil Kapanewon Kasihan melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas berjalan dengan lancar. Hal ini didukung oleh hasil penilaian siklus 1 yang meningkat dari hasil penilaian pra tindakan. Hasil penilaian pra tindakan kemampuan guru dalam membuat PTK menunjukkan rata-rata sebesar 63,2 dengan kategori ‘cukup’. Hasil tersebut meningkat dalam hasil penilaian proposal pada siklus 1 dengan nilai rata-rata sebesar 89,14 dan hasil penilaian laporan penelitian tindakan kelas dengan nilai rata-rata 90,27. Hal ini membuktikan bahwa guru-guru SD se-korwil Kapanewon Kasihan sudah menguasai konsep dan praktik dari Penelitian Tindakan Kelas, mulai dari perencanaan sampai pada pelaksanaan dan pelaporan Penelitian Tindakan Kelas. Angket respon guru terhadap pelatihan menunjukkan rata-rata 92. Hal ini membuktikan bahwa guru-guru SD se-korwil Kapanewon Kasihan puas dengan pelatihan yang diberikan dengan metode PTK.

Kata kunci: Profesionalisme Guru; Pembimbingan; Seminar; PTK; PTS

References

Alfaqih, B., Hoirunnisa, F., Sa’diyah, M.S., Khoerunnisa, N.I., & Pauziah, N. (2023). Kendala- kendala dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 39-47.

Alifah, S. (2021). Peningkatan kualitas pendididkan di Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain. Cermin: Jurnal Penelitian, 5(1), 113-123.

Anggraeni, R. (2014). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas guru SD Negeri Widoro Lempuyangan Yogyakarta. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Barnawi., Junaedi., & Rido, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Melalui Kegiatan Workshop. Action Research Journal Indonesia, 1(2), 1-12.

Dariyanto, D., Suharjuddin, S., Awiria, A.W. (2021). Pelatihan pengembangan kompetensi pedagogik guru melalui penelitian tindakan kelas di SDN Teluk Pucung I Kota Bekasi. Jurnal IPMAS, 1(2), 59-66.

Daud M.H., & Kaleka, M. (2019). Analisis kesulitas bagi guru IPA untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 36-42.

Faujiah, S., Afriza, A., & Andriani, T. (2022). Guru profesional sebagai faktor penentu pendidikan bermutu. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(4), 886-895.

https://doi.org/10.38035/jim.v1i4

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14-25.

http://dx.doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690

Ginting, P., Hasnah, Y., & Hasibuan, S.H. (2019). PKM Pelatihan Tindakan Kelas (PTK) berbasis Student Centered Learning (SCL) bagi guru SMP di Kecamatan Medan Deli. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58-72.

https://doi.org/10.30596/jp.v4i1.6166

Halidjah, S., Salimi, A., Kartono, Pranata, R., Ghasya, D.A.V., Hartoyo, A., Kresnandi, H., & Suparjan. (2023). Pelatihan penyusunan artikel ilmiah hasil penelitian tindakan kelas bagi guru sekolah dasar. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 148-157. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4474

Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas: Teori dan aplikasinya. Bandung: UPI Press.

Kasihani, Kasbolah E.S. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary School Teacher Development Project) IBRD : Loan – Ind 1998/1999), Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Kemmis, S., & Taggart, R. Mc. (1992). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran RI Tahun 2003 Nomor 4301. Sekretariat Negara. Jakarta

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Mahfud, M.N. (2019). Kesulitan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di SMK Negeri 6 Surakarta. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Meesuk, P., Sramoon, B., & Wongrugsa, A. (2020). Classroom Action Research-based Instruction: The Sustainable Teacher Professional Development Strategy. Journal of teacher Education for Sustainability, 22(1), 98-110.

Mohammad Rahman & Sofan Amri. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran, Prestasi Pustaka Karya: Jakarta.

Mustakim, A.W. (2012). Panduan karya tulis guru. Yogyakarta: Galangpress Publisher.

Ni’mah, Z.A. (2017). Urgensi penelitian tindakan kelas bagi peningkatan profesionalitas guru antara cita dan fakta. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 15(2), 1-22. https://doi.org/10.30762/realita.v15i2.480

Nurgiansah, T.H. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru pendidikan kewarganegaraan di sekolah menengah atas se-Kabupaten Bantul. Bernas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1). 28-33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566

Oktaviana, L.T., Hasanah, D., Sulandra, I.M., Susiswo, Lestari, T.E., & Nurhakiki, R., (2020). Pendampingan penulisan artikel ilmiah dari hasil penelitian bagi guru matematika SMK Kota Kediri. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2), 115-122. https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i2.3820

Pandiangan, A.P. (2019). Penelitian tindakan kelas: Sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran, profesionalisme guru dan kompetensi belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish

Pardede, O.B., & Ariga, H.P. (2018). Analisis faktor-faktor kendala penulisan karya tulis ilmiah dan dampaknya terhadap motivasi meneliti oleh guru di SMP se-Kecamatan Medan Selayang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed (Vol. 1, pp. 71-77). FBS Unimed Press

Rukiyah, Sumarni, S., Rahelly, Y., Syafdaningsih, Hasmalena, Mahyumi, & Taruni. (2023). Pelatihan dan Pembinaan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru TK Kartika II.I Palembang. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(1), 86-90. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i1.4823

Shutan Arie Shandi. (2023). Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Semarang: Unnes

Situmorang, R.P. (2015). Analisis kesulitan guru IPA SMP Kota Salatiga dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains UKSW (205- 2011). UKSW Press

Somatanaya. A.A.Gde., Herawati, L. & Wahyuningsih, S. (2017). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi peningkatan karier guru-guru sekolah dasar Kota Tasikmalaya. Jurnal Siliwangi, 3(1), 169-175

Sri Hastuti. (2022). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Peningkatan Pengembangan Pembelajaran Mahasiswa PBI UNS. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. 6 (3). 553-561.

Sum, T.A. (2019). Kompetensi guru PAUD dalam pembelajaran di PAUD di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 68-7.

Published
2024-11-30
Section
Articles