HARMONI ORANG TUA DAN GURU DI SEKOLAH DASAR INKLUSI: PENDEKATAN HUMANIS SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

  • Hamidaturrohmah Hamidaturrohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Azzah Noor Laila Universitas Islam Nahdlatul Ulama

Abstract

ABSTRAK

Siswa berkebutuhan khusus belum sepenuhnya dididik secara humanis. Padahal salah satu hal penting untuk membangun kekuatan siswa berkebutuhan khusus adalah Pendidikan inklusif humanis. Riset ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bentuk pendekatan humanisme dan pola komunikasi dalam mendidik serta memberikan pelayanan pendidikan siswa berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar (SD) inklusi Semai Jepara. Pada pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dengan model Milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Riset ini menunjukkan temuan adanya dua bentuk pendekatan humanisme yang diterapkan di SD inklusi Semai Jepara. Pertama, bentuk pendekatan humanis secara personal pada siswa dalam program pembelajaran. Guru memahami karakteristik siswa, membangun komunikasi kooperatif dengan siswa, memberikan motivasi, mengajar dengan cinta dan kasih sayang. Kedua, bentuk pendekatan humanis terhadap orangtua siswa. Guru membangun hubungan harmonis dan komunikasi efektif dengan orangtua, guru menerima pernyataan orang tua, mendengarkan aktif, bertanya, dan memberikan dukungan penting bagi orangtua tentang perkembangan siswa mereka. Hasil temuan ini memberikan kontribusi positif bagi pihak sekolah baik kepala sekolah, guru, tenaga pendidik dalam mengimplementasikan pendidikan humanis pada siswa maupun membangun hubungan harmonis dengan orangtua siswa sekolah dasar.

Kata kunci:  pendidikan humanis; siswa berkebutuhan khusus; sekolah inklusi

 

References

Aan Komariah dan Djam’an Satori. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Abidin, A. M. (2021). Konsep Pendidikan Humanistik dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 15(2), 101–115.

Ahmadi. (2022). Rancangan Program Sekolah Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri 159 Sekejati. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2251–2265.

Astawa. (2021). Pendidikan Inklusi Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Guna Widya : Jurnal Pendidikan Hindu, 8(1), 65–76.

Astuti, A., & Anindita, W. K. (2023). An Analysis Of Verbal And Non-Verbal Communication Capability Of One Autistic Sufferers At Sedayu. 02(03), 140–148.

Asyari. (2023). Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Inklusi di Sekolah Dasar NonSDLB. Journal on Education, 5(2), 3830–3839.

Burhan. (2024). Implementasi Pendidikan Humanisme Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 4602–4607.

Febriantini, W. A., Fitriati, R., & Oktaviani, L. (2021). An Analysis Of Verbal And Non-Verbal Communication. 2(1), 53–56.

Hamidaturrohmah, M. (2023). Pengembangan Buku Suplemen Intervensi Life Skill Berbasis STEAM Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi. 4(3), 609–622.

Harisantoso. (2023). Nilai Diri Disabilitas terhadap Dirinya Sendiri dalam Model Disabilitas. Jurnal Teologi Berita Hidup, 5(2), 586–603. https://doi.org/doi.org/10.38189/jtbh.v5i2.372

Iman, M., Syafiq, Z. Z., Nasution, S., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). The Role of Inclusive Education as a Container for Equal Education: Analysis of Effectiveness and Problems. Alacitry:: Journal Of Education, 4(2), 114–121.

Intan. (2022). Problematika Guru dalam Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus SD Inklusi Taman Siswa Rejang Lebong. Fundadikdas, 113–126.

Iqbal, M. (2024). Motivasi Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK) Kesulitan Belajar dan Klasifikasi Slow Learning. 1(3), 353–360.

Irawati, A. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Pendidikan Inklusif Di SDN Wonocolo 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(November), 757–770. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10089104

Kemensos. (2020). Kemensos Dorong Aksesibilitas Informasi Ramah Penyandang Disabilitas. Kemensos. Go. Id.

Khayati, N. A., Muna, F., Oktaviani, E. D., Hidayatullah, A. F., Khayati, N. A., Muna, F., Oktaviani, E. D., & Hidayatullah, A. F. (2020). Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ( SDG ’ s ) The Role of Teachers in Inclusive Education for Achieving the Sustainable Development Goals ( SDG ’ s ) Program. 4(1), 55–61.

Masruroh, H. Z., & Hendriani, W. (2021). Dive into Inclusive Education for Children with Special Needs in Indonesia. 17049–17056.

Michael Milles & Huberman. (2020). Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode -Metode Baru. UI Press.

Mu, A., & Baharun, H. (2022). Humanistic based Inclusive Education Management in Madrasah : Policy Review. 06(03), 894–906.

Muhibbin. (2021). Tantangan Dan Strategi Pendidikan Inklusi Di Perguruan Tinggi Di Indonesia: Literature Review. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(2), 92–102.

Mulyani, K., Sahrul, M., & Ramdoni, A. (2022). Ragam Diskriminasi Penyandang Disabilitas Fisik Tunggal Dalam Dunia Kerja Types Of Discrimination Single Persons With Physical Disabilities In. 3(1), 11–20.

Ni’mah. (2021). Madrasah Inklusi: Antara Cita dan Fakta Menuju Pendidikan yang Humanis Zetty Azizatun Ni’mah Guru SKI MAN 1 Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 10–19.

Nikmah, N. U. . H. (2022). Problematikan Peenyelenggara Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal On Teacher Education, 3(3), 1–10.

Pattiasina. (2024). The Role of Communication In Creating Inclusive And Collaborative Learning Environments. International Journal of Social and Education, 1(3), 705–717.

Putri. (2021). Sikap Dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(2), 146–160.

Ratri, T. M., & Herawati, N. I. (2024). Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Sekolah Reguler Kota Bandung. 9, 96–109.

Romadhon, M., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Inklusi Sebuah Solusi di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 109–115. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3085

Siahaan, M. K. (2022). Education For Children With Special Needs. 2, 14–27.

Tasnim. (2022). Rise of Humanistic Education: Are learners ‘humans’ or simply ‘machines’?. Crossings A Journal of English Studies. Crossings A Journal of English Studies, 13(1), 106–117. https://doi.org/DOI:10.59817/cjes.v13i1.23

Triwardhani. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99–113.

Published
2024-12-14
Section
Articles