HARMONI ORANG TUA DAN GURU DI SEKOLAH DASAR INKLUSI: PENDEKATAN HUMANIS SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS
Abstract
ABSTRAK
Siswa berkebutuhan khusus belum sepenuhnya dididik secara humanis. Padahal salah satu hal penting untuk membangun kekuatan siswa berkebutuhan khusus adalah Pendidikan inklusif humanis. Riset ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bentuk pendekatan humanisme dan pola komunikasi dalam mendidik serta memberikan pelayanan pendidikan siswa berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar (SD) inklusi Semai Jepara. Pada pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dengan model Milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Riset ini menunjukkan temuan adanya dua bentuk pendekatan humanisme yang diterapkan di SD inklusi Semai Jepara. Pertama, bentuk pendekatan humanis secara personal pada siswa dalam program pembelajaran. Guru memahami karakteristik siswa, membangun komunikasi kooperatif dengan siswa, memberikan motivasi, mengajar dengan cinta dan kasih sayang. Kedua, bentuk pendekatan humanis terhadap orangtua siswa. Guru membangun hubungan harmonis dan komunikasi efektif dengan orangtua, guru menerima pernyataan orang tua, mendengarkan aktif, bertanya, dan memberikan dukungan penting bagi orangtua tentang perkembangan siswa mereka. Hasil temuan ini memberikan kontribusi positif bagi pihak sekolah baik kepala sekolah, guru, tenaga pendidik dalam mengimplementasikan pendidikan humanis pada siswa maupun membangun hubungan harmonis dengan orangtua siswa sekolah dasar.
Kata kunci: pendidikan humanis; siswa berkebutuhan khusus; sekolah inklusi
References
Aan Komariah dan Djam’an Satori. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Abidin, A. M. (2021). Konsep Pendidikan Humanistik dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 15(2), 101–115.
Ahmadi. (2022). Rancangan Program Sekolah Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri 159 Sekejati. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2251–2265.
Astawa. (2021). Pendidikan Inklusi Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Guna Widya : Jurnal Pendidikan Hindu, 8(1), 65–76.
Astuti, A., & Anindita, W. K. (2023). An Analysis Of Verbal And Non-Verbal Communication Capability Of One Autistic Sufferers At Sedayu. 02(03), 140–148.
Asyari. (2023). Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Inklusi di Sekolah Dasar NonSDLB. Journal on Education, 5(2), 3830–3839.
Burhan. (2024). Implementasi Pendidikan Humanisme Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 4602–4607.
Febriantini, W. A., Fitriati, R., & Oktaviani, L. (2021). An Analysis Of Verbal And Non-Verbal Communication. 2(1), 53–56.
Hamidaturrohmah, M. (2023). Pengembangan Buku Suplemen Intervensi Life Skill Berbasis STEAM Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi. 4(3), 609–622.
Harisantoso. (2023). Nilai Diri Disabilitas terhadap Dirinya Sendiri dalam Model Disabilitas. Jurnal Teologi Berita Hidup, 5(2), 586–603. https://doi.org/doi.org/10.38189/jtbh.v5i2.372
Iman, M., Syafiq, Z. Z., Nasution, S., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). The Role of Inclusive Education as a Container for Equal Education: Analysis of Effectiveness and Problems. Alacitry:: Journal Of Education, 4(2), 114–121.
Intan. (2022). Problematika Guru dalam Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus SD Inklusi Taman Siswa Rejang Lebong. Fundadikdas, 113–126.
Iqbal, M. (2024). Motivasi Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK) Kesulitan Belajar dan Klasifikasi Slow Learning. 1(3), 353–360.
Irawati, A. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Pendidikan Inklusif Di SDN Wonocolo 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(November), 757–770. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10089104
Kemensos. (2020). Kemensos Dorong Aksesibilitas Informasi Ramah Penyandang Disabilitas. Kemensos. Go. Id.
Khayati, N. A., Muna, F., Oktaviani, E. D., Hidayatullah, A. F., Khayati, N. A., Muna, F., Oktaviani, E. D., & Hidayatullah, A. F. (2020). Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ( SDG ’ s ) The Role of Teachers in Inclusive Education for Achieving the Sustainable Development Goals ( SDG ’ s ) Program. 4(1), 55–61.
Masruroh, H. Z., & Hendriani, W. (2021). Dive into Inclusive Education for Children with Special Needs in Indonesia. 17049–17056.
Michael Milles & Huberman. (2020). Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode -Metode Baru. UI Press.
Mu, A., & Baharun, H. (2022). Humanistic based Inclusive Education Management in Madrasah : Policy Review. 06(03), 894–906.
Muhibbin. (2021). Tantangan Dan Strategi Pendidikan Inklusi Di Perguruan Tinggi Di Indonesia: Literature Review. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(2), 92–102.
Mulyani, K., Sahrul, M., & Ramdoni, A. (2022). Ragam Diskriminasi Penyandang Disabilitas Fisik Tunggal Dalam Dunia Kerja Types Of Discrimination Single Persons With Physical Disabilities In. 3(1), 11–20.
Ni’mah. (2021). Madrasah Inklusi: Antara Cita dan Fakta Menuju Pendidikan yang Humanis Zetty Azizatun Ni’mah Guru SKI MAN 1 Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 10–19.
Nikmah, N. U. . H. (2022). Problematikan Peenyelenggara Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal On Teacher Education, 3(3), 1–10.
Pattiasina. (2024). The Role of Communication In Creating Inclusive And Collaborative Learning Environments. International Journal of Social and Education, 1(3), 705–717.
Putri. (2021). Sikap Dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(2), 146–160.
Ratri, T. M., & Herawati, N. I. (2024). Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Sekolah Reguler Kota Bandung. 9, 96–109.
Romadhon, M., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Inklusi Sebuah Solusi di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 109–115. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3085
Siahaan, M. K. (2022). Education For Children With Special Needs. 2, 14–27.
Tasnim. (2022). Rise of Humanistic Education: Are learners ‘humans’ or simply ‘machines’?. Crossings A Journal of English Studies. Crossings A Journal of English Studies, 13(1), 106–117. https://doi.org/DOI:10.59817/cjes.v13i1.23
Triwardhani. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99–113.
Copyright (c) 2024 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.