PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian mengenai pendidikan ini mempunyai tujuan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPAS siswa sekolah dasar. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode berbasis angka atau disebut kuantitatif dan jenisnya pendekatan ex post facto serta teknik dalam pengambilan atau penarikan sampelnya nonprobability sampling dengan melalui purposive sampling. Populasi penelitian ini secara keseluruhan ialah semua siswa dari kelas V di SD Muhammadiyah Ponorogo yang terdiri atas 127 siswa dengan sampel atau subjek penelitian sejumlah 96 siswa serta teknik mengumpulkan datanya dengan memanfaatkan membagikan angket kepada siswa dan dokumentasi penting yang dimiliki guru. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis melalui penerapan uji statistik dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil uji hipotesis melalui analisis regresi linier menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,029 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil pengujian penelitian ini mengindikasikan bahwa pola asuh orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPAS siswa. Oleh karena itu dapat dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPAS siswa di sekolah dasar, dengan kontribusi sebesar 5%. Sehingga semakin baik pola pengasuhan dari orang tua, maka semakin tinggi prestasi belajar IPAS siswa kelas V di sekolah dasar tersebut.
References
Aspuriyah. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh Baitul Quran Gontor Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Astutik, F. I., Zainullah, Z., & Fajriyah, F. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di MI At-Tablighiyah Ponjanan Timur. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v8i1.445
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8, 466–476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan (4th ed.). Yayasan Mitra Netra.
Indonesia, P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan dalam Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Irfan Syahroni, M. (2023). Analisis Data Kuantitatif. Jurnal Al Musthafa STIT Al-Aziziyah Lombok Barat, 3(3), 1–13. https://doi.org/10.62552/ejam.v3i3.64
Karini, A., Mashudi, & Aminuyati. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 3 Seponti Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Pendiddikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–9.
Kusuma, A. R., Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., & Wicaksono, E. B. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1132
Mustaqim, A. (2019). Quranic Parenting; Kiat Sukses Mendidik Anak Cara Al-Quran. Lintang Books.
Nafiah, U., Wijono, H. A., & Lailiyah, N. (2021). Konsep Pola Asuh Orang Tua Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(2), 155–174. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v4i1
Novena, B. P. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TARL) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Kelas V. Pedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, 11, 10–18. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v11i1.9683
Pratiwi, A. G. N., Arif, Z., & Saputro, A. D. (2023). The Influence Of Parental Support And Giving Of Rewards On The Learning Achievement Of. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(3), 1005–1014.
Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2, 2. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Saputro, A. D., Irwanto, Sri Atun, & Wilujeng, I. (2019). The impact of problem solving instruction on academic achievement and science process skills among prospective elementary teachers. Elementary Education Online, 18(2), 496–507. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2019.561896
Sarwini. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Disiplin Belajar Siswa di MI Ma’arif 1 Munggung Pulung Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Septhiani, S., & Nusantari, D. O. (2020). Pemanfaatan Blog sebagai Alternatif Media Pembelajaran Kimia. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 2, 6.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta (19th ed.). Alfabeta CV.
Sumaryanti, L. (2017). Peran Lingkungan terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Muaddib: Islamic Education Journal, 07, 72–89.
Sumaryanti, L., Syam, A. R., & Syukroni, A. (2020). Urgency of implementing adab for students of elementary school in the perspective of the Qur’an and hadith. Journal Of Basic Education, 5(1), 1–12. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view/3227
Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1852
Widiastuti. (2024). Analisis Statistik Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Siswa di Sekolah. Jurnal Didactical Mathematics, 6, 48–60. https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.9072
Witari, R. A., & Astuti, E. T. (2024). Urgensi Pemberantasan Stunting Perspektif Al-Qur’an Surat An-Nisa’ Ayat 9. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2, 1–9. https://doi.org/10.60132/jip.v2i2.260
Yunaini, N., & Arnidha, Y. (2020). Perkembangan Fisik Masa Kanak-Kanak dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional 2020 “Transformasi Pendidikan Dasar Di Era Disrupsi Dalam Pengembangan Karakter,” 1(1), 313–330.
Copyright (c) 2024 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.