PENINGKATAN KREATIVITAS SENI KRIYA TERAPAN DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MELALUI PENERAPAN METODE PAIKEM.
Abstract
Berkreativitas seni kriya terapan dengan memanfaatkan limbah benda alam, sebagai media untuk mengembangkan gagasan-gagasan siswa di dalam mengekspresikan suatu bentuk seni kriya terapan peerlu ditumbuh kembangkan pada siswa.
Untuk mengetahui kesungguhan dan perkembangan siswa dalam berkreativitas seni kriya terapan dengan memanfaatkan limbah benda alam, diketahuai bahwa : Model Pembelajaran Seni Budaya/Seni Rupa dapat meningkatkan kualitas Pembelajaran Seni Budaya/Seni Rupa dalam Berkreativitas Seni kriya terapan dengan Memanfaatkan Limbah Benda Alam.
Pembelajaran model PAIKEM memiliki dampak positif dalam meningkatkan Hasil belajar siswa Berkreativitas Seni kriya terapan dengan Memanfaatkan Limbah Benda Alam yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, adapun hasil observasi aktivitas siswa rata-rata dari siklus I, II, dan III : 2,77; 3,12 dan 3,59 katagori Baik, Rata-rata Hasil observasi guru dari siklus I, II, dan III: 2,00, 2,52 dan 3,32 katagori Baik dan hasil observasi penerapan pembelajaran model PAIKEM diperoleh nilai rata-rata dari siklus I, II, dan III : 2,06, 3,00 dan 3,33 katagori Baik. Adapun Hasil belajar siswa pada Siklus I diperoleh nilai rata-rata dari siklus I, II, dan III adalah : 58,81; 69,75 dan 78,16 dan ketuntasan belajar dari siklus I, II, dan III yaitu masing-masing 45,87 %, 68,75%, dan 84,37%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.
Model Pembelajaran Seni Budaya/Seni Rupa dapat menjadikan siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide dan pertanyaan. Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok, serta mampu mempertanggungjawabkan segala tugas individu maupun kelompok.
Penerapan pembelajaran model PAIKEM mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk melaksanakan model Pembelajaran Seni Budaya/Seni Rupa memerlukan persiapan yang cukup matang, sehingga guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dengan pembelajaran model PAIKEM dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal.
Kata Kunci; Kreativtas seni kriya, PAIKEM
References
Abuyahusaini. 2008. Macam-Macam
Media Pembelajaran Dan Karakteristiknya.
http://www.dynasis.biz/abuyahusaini. diakses
tanggal 9 Juni 2011
Anekanews. 2011. Penelitian Tindakan Kelas
(http://pendidikan.anekanews.com.ptk.html)
diakses tanggal 7 juni 2011
Anitah, Sri. 2009. Media Pembelajaran. Surakarta:
Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP
UNS
Basrowi & Suwandi. 2010. Penelitian Tindakan
Kelas (http://id.wikipedia.org/wiki/) diakses
tanggal 7 juni 2011
Direktorat Ketenagaan, Dirjen Dikti, Depdiknas
(2007). Pengembangan Inovasi Pembelajaran
Raka Joni, 1998. Penelitian Tindakan Kelas (http://m
yunus.com-ptk.html). diakses tanggal 7
juni 2011
Sanjaya. 2010 (http://id.wikipedia.org/wiki/. Diakses
tanggal 7 juni 2011
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya
Wardhani, Igak, dkk. 2007. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta.
Wikipedia. 2010. Penelitian Tindakan Kelas.
http://id.wikipedia.org/wiki/.diakses tanggal 7
Juni 2011
Yunus. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (http://m
yunus.com-ptk.html) diakses
.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.