FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR

Sri Ratnawati

Abstract


Learning disorders atau kesulitan belajar pada anak  sangat erat kaitannya dengan pencapaian hasil belajar atau akademik siswa dan juga aktifitas sehari- hari. Anak yang mengalami kesulitan belajar adalah yang memiliki gangguan satu atau lebih dari proses dasar yang mencakup pemahaman penggunaan bahasa lisan atau tulisan, gangguan tersebut mungkin menampakkan diri dalam bentuk kemampuan yang tidak sempurna dalam mendengarkan, berpikir, berbicara, membaca, menulis , mengeja, atau menghitung. Ciri ciri anak yang sulit memusatkan perhatian biasanya ceroboh, sulit berkonsentrasi, seperti tidak mendengarkan bila diajak bicara, gagal menyeselaikan tugas, sulit mengatur aktivitas menghindari tugas yang memerlukan pemikiran kehilangan barang- barang, perhatian mudah teralih,dan pelupa Fenomena kesulitan belajar pada seorang anak biasanya tampak jelas dari menurunnya prestasi akademik atau hasil belajarnya. Namun, kesulitan belajar juga dapat dibuktikan dengan munculnya kelainan perilaku(misbehavior)anak seperti kesukaan berteriak di dalam kelas, mengusik teman, berkelahi, dan sering tidak masuk sekolah atau gemar membolos.

 

 

Kata Kunci; Kesulitan Belajar


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v4i2.1087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.