UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA CONTOH KERJASAMA DI LINGKUNGAN TETANGGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS III SDN UNGGULAN KUNINGAN KAB.KUNINGAN

Aisah S.Pd

Abstract


Proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada contoh kerjasama di lingkungan tetangga memerlukan teknik pembelajaran yang baik dan diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang jelas dan bermakna,  sesuai dengan salah satu tujuan mata pelajaran IPS agar peserta didik memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan (Depdiknas, 2006). Perlu disadari bahwa pembelajaran untuk menjelaskan fakta dan peristiwa  kenyataan di lapangan masih banyak menggunakan metode ceramah, sehingga pemahaman siswa terhadap materi kerjasama di lingkungan tetangga kurang maksimal. Selain itu KKM mata pelajaran IPS di kelas III SDN Unggulan Kuningan Kabupaten Kuningan telah ditetapkan 7,5. Upaya yang dilakukan guru untuk merealisasikan harapan tersebut adalah dengan mengoptimalkan peralatan yang ada di sekolah dan kemampuan siswa menyesuaikan diri dengan lingkungannya di sekolah dan lingkungan tetangganya. Siswa memberikan contoh kerjasama di lingkungan tetangga. Dengan memaksimalkan media ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dengan pengumpulan data berasal dari data observasi, wawancara dan tes tulis. Berdasarkan hasil analisis PTK ini, diperoleh hasil yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Unggulan Kuningan kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2015/2016 dari 50% pada siklus 1 menjadi 62% pada siklus 2, atau terjadi kenaikan sebesar 12% setelah diadakan penelitian tindakan  melalui contoh kerjasama di lingkungan tetangga dengan menggunakan metode kooperatif adanya perubahan tingkah laku dalam pembelajaran kerjasama dengan tetangga.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Contoh Kerjasama Dengan Tetangga, Model Pembelajaran Kooperatif.

 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Mastur, dkk. 2004. Pengetahuan Sosial untuk SD Kelas III. Semarang: Aneka Ilmu.

Suherman, 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Yuda, 2004. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Bandung: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v4i2.1088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.