KEGIATAN KKG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENERAPAN STRATEGI PAIKEM
Abstract
Penerapan strategi PAIKEM pada proses pembelajaran melalui Kegiatan KKG dilakukan oleh guru SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat disimpulkan sebagai berikut :
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan Kemampuan Guru dalam penerapan strategi PAIKEM pada proses pembelajaran setelah mengikuti Kegiatan Kelompok Kerja Guru di SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung dan untuk mengevaluasi perencanaan pembelajaran guru sebelum dan setelah diadakan KKG. Penarikan kesimpulan dan verifikasi merupakan langkah akhir untuk mencari makna dari komponen data yang disajikan.
Pelaksanaan Kelompok Kerja Guru telah dapat meningkatkan Kemampuan Guru dalam penerapan strategi PAIKEM pada proses pembelajaran di SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung pada Siklus I yaitu jumlah Skor yang diperoleh yaitu : 46 dari skor ideal : 72, maka prosentase keberhasilan baru mencapai 63.89 % dengan katagori Cukup dan pada Siklus II meningkat signifikan dengan jumlah Skor yang diperoleh yaitu : 66 dari skor ideal : 72, maka prosentase keberhasilan telah mencapai 91.67 % dengan katagori Baik.
Peningkatan Kemampuan Guru dalam penerapan strategi PAIKEM pada proses pembelajaran sebelum mengikuti KKG di SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung diperoleh Nilai rata-rata yaitu : 292 dari skor ideal: 396, dengan prosentase keberhasilan baru mencapai 73.73% dengan katagori Cukup. Pada Siklus I Kemampuan Guru dalam penerapan strategi PAIKEM pada proses pembelajaran melalui Kegiatan KKGada peningkatan namun belum signifikan dengan jumlah Skor yang diperoleh yaitu : 322 dari skor ideal : 484, dengan prosentase keberhasilan baru mencapai 66.53% dengan katagori Baik. Pada Siklus II menurut Observer dapat disimpulkan bahwa Nilai rata-rata hasil observasi meningkat signifikan dengan jumlah Skor yang diperoleh yaitu : 358 dari skor ideal : 484, maka prosentase keberhasilan baru mencapai 73.97 % dengan katagori Baik.
Dengan demikian Kegiatan KKG juga telah mampu meningkatkan kompetensi guru-guru SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung Kecamatan Luragung dalam memilih model yang tepat dalam penerapan strategi PAIKEM pada proses pembelajaran di kelasnya.
Kata Kunci; Kegiatan KKG, Strategi PAIKEM
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta : PT Bumi Akasara.
Burhanudin. 1990. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Departemen Pendidkan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Depdikbud. 1995. Peran dan Fungsi Pusat Kegiatan Guru (PKG) dalam Sistem Pembinaan Profesional Guru. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud. 1995/1996. Pedoman Pengelolaan Gugus Sekolah. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud. 1995/1996. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Fattah, Nanang. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Andira.
Kegiatan KKG Research Group online: tc.edu/lessonstudy/ whatis lessonstudy. html
Lorang, Johny. 2003. Pembelajaran Aktif KreatifEfektif Menyenangkan. Semarang : Depdikbud.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru professional. Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Pidarta, Made. 1995. Peranan Kepala Sekolah pada Pendidikan Dasar. Jakarta : PT. Gramedia Indonesia.
Rusman. 2010. Model-Model Pemebelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Raja Grafindo Persada
Sakdiyah, Mislinatul. 2003. GBPP Kurikulum 1994 Dan KBK SD Diklat Guru pemandu mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Surabaya. Balai Penataran Guru ( BPG ).
Slamet Mulyana. 2007. Kegiatan KKG (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.