KEGIATAN KKG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENERAPAN STRATEGI PAIKEM

Kosim .

Abstract


Penerapan strategi PAIKEM pada proses pembelajaran melalui Kegiatan KKG dilakukan oleh guru SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat disimpulkan sebagai berikut :

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan Kemampuan Guru dalam penerapan strategi PAIKEM pada proses pembelajaran setelah mengikuti Kegiatan Kelompok Kerja Guru di SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung dan untuk mengevaluasi perencanaan pembelajaran guru sebelum dan setelah diadakan KKG. Penarikan kesimpulan dan verifikasi merupakan langkah akhir untuk mencari makna dari komponen data yang disajikan.

Pelaksanaan Kelompok Kerja Guru telah dapat meningkatkan Kemampuan Guru dalam penerapan strategi PAIKEM pada proses pembelajaran di SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung pada Siklus I yaitu jumlah Skor yang diperoleh yaitu : 46 dari skor ideal : 72, maka prosentase keberhasilan baru mencapai 63.89 % dengan katagori Cukup dan pada Siklus II meningkat signifikan dengan jumlah Skor yang diperoleh yaitu : 66 dari skor ideal : 72, maka prosentase keberhasilan telah mencapai 91.67 % dengan katagori Baik.

Peningkatan Kemampuan Guru dalam penerapan strategi PAIKEM pada proses pembelajaran sebelum mengikuti KKG di SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung diperoleh Nilai rata-rata yaitu : 292 dari skor ideal: 396, dengan prosentase keberhasilan baru mencapai 73.73% dengan katagori Cukup. Pada Siklus I Kemampuan Guru dalam penerapan strategi PAIKEM pada proses pembelajaran melalui Kegiatan KKGada peningkatan namun belum signifikan dengan jumlah Skor yang diperoleh yaitu : 322 dari skor ideal : 484, dengan prosentase keberhasilan baru mencapai 66.53% dengan katagori Baik. Pada Siklus II menurut Observer dapat disimpulkan bahwa Nilai rata-rata hasil observasi meningkat signifikan dengan jumlah Skor yang diperoleh yaitu : 358 dari skor ideal : 484, maka prosentase keberhasilan baru mencapai 73.97 % dengan katagori Baik.

Dengan demikian Kegiatan KKG juga telah mampu meningkatkan kompetensi guru-guru SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung Kecamatan Luragung dalam memilih model yang tepat dalam penerapan strategi PAIKEM pada proses pembelajaran di kelasnya.

Kata Kunci; Kegiatan KKG, Strategi PAIKEM


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta : PT Bumi Akasara.

Burhanudin. 1990. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Departemen Pendidkan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Depdikbud. 1995. Peran dan Fungsi Pusat Kegiatan Guru (PKG) dalam Sistem Pembinaan Profesional Guru. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud. 1995/1996. Pedoman Pengelolaan Gugus Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud. 1995/1996. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Fattah, Nanang. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Andira.

Kegiatan KKG Research Group online: tc.edu/lessonstudy/ whatis lessonstudy. html

Lorang, Johny. 2003. Pembelajaran Aktif KreatifEfektif Menyenangkan. Semarang : Depdikbud.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru professional. Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Pidarta, Made. 1995. Peranan Kepala Sekolah pada Pendidikan Dasar. Jakarta : PT. Gramedia Indonesia.

Rusman. 2010. Model-Model Pemebelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Raja Grafindo Persada

Sakdiyah, Mislinatul. 2003. GBPP Kurikulum 1994 Dan KBK SD Diklat Guru pemandu mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Surabaya. Balai Penataran Guru ( BPG ).

Slamet Mulyana. 2007. Kegiatan KKG (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.