UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 2 BABAKANREUMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV B SD Negeri 2 Babakanreuma melalui penggunaan model (direct instruction).
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus perbaikan, dan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 2 Babakanreuma Kabupaten Kuningan tahun 2014 pada mata pelajaran IPA. Jumlah siswa sebanyak 26 orang, terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari 59,61 pada siklus I pertemuan 1 menjadi 68,07 pada siklus I pertemuan 2 dan 78,46 pada siklus II pertemuan 1 menjadi 86,15 pada siklus II pertemuan 2. Sementara dari prosentasi ketuntasan terjadi peningkatan dari 19,23% pada siklus I pertemuan 1 menjadi 42,30% pada siklus I pertemuan 2 dan 61,53% pada siklus II pertemuan 1 menjadi 80,76% pada siklus II pertemuan 2. Dari hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV B SD Negeri 2 Babakanreuma.
Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran direct instruction, mata pelajaran IPA
References
Bruce, J., & Weil, M. 1996. Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R. E. (2003). Educational Psychology. Boston: Allyn and Bacon
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Media.
Yamin, M. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung. Persada Press.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.