MODIFIKASI BOLA VOLI MINI PADA SISWA KELAS V SD N SINDANGSARI KECAMATAN SINDANGAGUNG KABUPATEN KUNINGAN
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas V SD materi pokok Pembelajaran Bola Voli melalui Modifikasi Bola Voli Mini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sindangsari Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan dengan 37 siswa yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan perolehan nilai akhir pengamatan pemahaman siswa (kognitif) 93,24% termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Hasil akhir pengamatan perilaku siswa (afektif) 80,41% termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Hasil akhir pengamatan keterampilan siswa (psikomotor) sebesar 79,92% termasuk ke dalam kriteria baik. Hasil peningkatan yang besar disebabkan karena siswa menjadi sangat antusias ikut serta dalam pembelajaran. Hal ini membuat siswa menjadi lebih termotivasi dan terdorong untuk lebih berkompetensi. Penelitian ini berkesimpulan bahwa pembelajaran bola voli yang diberikan dengan modifikasi bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sindangsari Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan.
Kata Kunci: modifikasi bola voli mini, hasil belajar
References
Darsono. (2000). Belajar dan pembelajaran. Semarang : IKIP Press.
Mulyasa, E. 2010. Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Poerwadarminta. W.J.S. (2003). Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Soemitro. (1992). Permainan kecil. Jakarta: Depdikbud.
Sugandi, A., dkk. (2004). Teori pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.
Suherman. (2000). Prinsip-prinsip pengembangan dan modifikasi cabang olahraga. Jakarta: Depdiknas.
Sukardi. (2008). Metodologi penelitian pendidikan, kompetensi dan praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukintaka. (1992). Teori bermain. Jakarta : Depdikbud.
Yunus, M. (1992). Olahraga pilihan bola voli. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.