PENERAPAN PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING (AL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN CIPASUNG

Dewi Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan accelerated learning dalam meningkatkan kemampuan bernalar pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN Cipasung Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2015/2016. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bernalar siswa kelas V SDN Cipasung dan bagaimana upaya untuk mengatasi permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui penerapan pendekatan accelerated learning dapat meningkatkan kemampuan bernalar dalam proses pembalajaran matematika dan mengetahui dampak dari penerapan pendekatan accelerated learning.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas V C SDN Cipasung tahun 2015/2016 berjumlah 22 orang siswa terdiri atas 13 putra dan 9 perempuan. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi untuk mengetahui tingkat kemampuan bernalar siswa dan metode tes untuk mengetahui tingkat kemampuan keberhasilan dalam proses pembelajaran Matematika. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskrptif Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model accelerated learning dapat meningkatkan kemampuan bernalar dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas V C SDN Cipasung dari siklus I sebesar 22% dengan kategori sangat baik (SB) menjadi 95,5% pada siklus II dengan kategori sangat baik (SB). Dengan demikian penelitian ini dapat dikatakan telah berhasil pada siklus II karena memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu presentase rata-rata kemampuan bernalar siswa telah mencapai kriteria sangat baik .mencapai rentang 80% - 100%.

Kata kunci : Pendekatan Accelerated Learning, Kemampuan Bernalar.


Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Mamur. 2011. 7 Tips Aplikasi Pakem (Pembelajaran

Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: DIVA Press.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2008. Model Silabus Kelas IV. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ismail, 2003. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Direktoral SLTP Dirjen Dikdasman Depdiknas

Hanafiah, dkk. 2010. Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas dan Model-Model Pembelajaran. Bandung : FKIP Uninus.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Pedoman Penilaian Forum Ilmiah Guru. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Nazir, Moh. 1985. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

Suyadi. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Buku Panduan Wajib bagi Para Pendidik. Jogjakarta: DIVA Press.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standa Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Surakhman, W. 1982. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung. Tarso.

Widyaningsih, dkk. 2008. Kelompok 3 Cooperative Learning Sebagai Model Pembelajaran Alternatif untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v4i1.1112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter