MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASARMENDESKRIPSIKAN SISTEM TATA SURYA DAN POSISI PENYUSUN TATA SURYA MELALUI PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA

Nani Henriyani

Abstract


Permasalahan pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Bakom Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan adalah guru dalam pembelajaran belum menggunakan multimedia belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif serta belum menggunakan model kooperatif tipe picture and picture hanya penguasaan konsep-konsep saja dan belum dikaitkan media nyata yang ada di sekitar siswa. Kemampuan berpikir siswa kurang dioptimalkan menjadi lebih kritis dan lebih aktif melalui kerja sama sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan picture and picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa? Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan, guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Bakom Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan dalam pembelajaran IPA melalui penerapan picture and picture. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA khususnya dalam materi sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Bakom, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, yang terdiri dari 40 siswa yaitu 26 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan mulai bulan Maret s.d April Tahun Pelajaran 2013/2014. Proses penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) penguasaan materi dapat dilakukan melalui media gambar dengan bukti pada pra siklus 52.82 siklus I 61.54 dan pada siklus II 87.31. (2) Aktivitas siswa yaitu dari pra siklus 90 %, siklus I 58 % dan siklus II 0 %. Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan picture and picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada pembelajaran IPA. Saran adalah guru dapat menggunakan model picture and picture untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran lain dan kelas lain.

Kata kunci: Kualitas pembelajaran IPA, penerapan picture and picture.


Full Text:

PDF

References


Anonim. (2011). Minat Belajar. http://www.anecale.wordpress.com. Diakses tanggal 2 nopember 2012.

Akib, Zainal. (2007). Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: CV Yrama Widya.

Akib, Zainal. (2008). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: CV Yrama Widya.

Budiningsih. C. Asri. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadikusumo. (1995). Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP

Purwanto, Ngalim.(1992). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sagala. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV.Alfabeta.

Sahabuddin. (2003). Mengajar dan Belajar Dua Aspek Dari Suatu Proses yang

Disebut Pendidikan. Badan Penerbit Kampus Gunung Sari UNM Makasar.

Sriudin, Syahrudin. (2012). Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together).http://www.Sriudin.com/2011/06/modelmodelpembelajaranNht.numbered.head.html. Diakses 2 Nopember 2012.

Sudjana, Nana. (1989). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Syamsudin, Abin. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Winkel, W. S. (1989). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.