MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI METODE DISKUSI DENGAN PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM MENENTUKAN OPERASI PECAHAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI (Penelitikan Tindakan Kelas di SDN I Kadurama Kecamatan Ciawigebang)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan banyaknya siswa belum memahami tentang konsep pecahan, namun siswa enggan pula mengajukan pertanyaan kepada guru, namun mereka sering terlihat saling bertanya antar siswanya. Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Metode Diskusi dengan Penerapan Tutor Sebaya dalam Menentukan Operasi Pecahan”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN I Kadurama Kecamatan Ciawigebang, kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa mengenai operasi hitung pecahan meningkat. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pra siklus 5,1 pada siklus I 6,1 serta pada siklus II 8,3. Jadi, terdapat rerata kenaikan sebesar 1,66 nilai rata – rata terendah siklus I 4 dan pada siklus II naik 6. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa termasuk kategori sangat tinggi, Penggunaan model pembelajaran Didkusi Tutor Sebaya pun sangat berguna untuk meningkatkan aktivitas siswa, karena dengan model pembelajaran ini pelajaran matematika tidak menjadi sulit dan membosankan.
Kunci : operasi pecahan, metode diskusi, tutor sebaya
References
Badan Standar Nasional Pendidikan (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Mata Pelajaran Matematika; Jakarta BSNP.
Badan Standar Nasional Pendidikan (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Mata pelajaran Matematika; Jakarta BSNP.
Buku Panduan PDGK 4501 Tim FKIP. Pemantapan Kemampuan Profesional. Penerbit : Universitas Terbuka
Departemen Pendidikan Nasional (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rusffendi, E.T.(1989). Dasar-Dasar Matematika Modern. Edisi 4, Bandung ; Tarsito
Universitas Pendidikan Indonesia (2003). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Laporan Buku, Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung : Departemen Pendidikan Nasional ; Universitas Pendidikan Indonesia.
Nochi Nasution, MA dkk, 1997. Psiologi Pendidikan Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Suryadi Muhamad, 2002. Kapita Selekta Pendidikan SD Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Suryadi Acc, dkk, 1933. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung PT Remaja Rosdakarya.
Widyaswara LPMP Jawa Tengah, 2006. Model Pembelajaran Matematika. Semarang LPMP Jawa Tengah.
Wardani, I.G.A.K. et. al (2007). Pemantapan Kemampuan Profesional. (Panduan). Modul PGSD 4412 ; Jakarta Universitas Terbuka.
Wardani, I.G.A.K. et. al (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Modul IDIK 4008. Jakarta :Universitas Terbuka.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.