PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN DUA ANGKA DI KELAS I SDN 7 PURWAWINANGUN KECAMATAN KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN

Uti Yuliawati

Abstract


Masalah pada penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah “apakah penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumalahan bilangan dua angka di kelas I SDN 7 Purwawinangun Kecamatan / Kabupaten Kuningan. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan gambaran bukti penggunaan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan bilangan dua angka. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif. Dari penelitian ini didapat gambaran secara umum bahwa tingkat penguasaan materi pada data awal hanya mencapai 61,6%, pada siklus I sudah menunjukkan peningkatan yaitu menjadi 82,5%. Terjadi peningkatan sebesar 20,9% dari data awal ke siklus I. Sedangkan pada siklus II tingkat penguasaan materi mencapai 92,5%. Terjadi peningkatan sebesar 10% dari siklus I. Secara keseluruhan peningkatan dari data sebelum pelaksanaan perbaikan pembelajaran matematika sampai ke tindakan siklus ke II adalah sebesar 30,9%. Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.
Kata kunci: penjumlahan bilangan dua angka, pembelajaran matematika, alat peraga

Full Text:

PDF

References


Carr & Kemmis. 1991. Action Research Principles and Practice Lecture in Education. University of Bath.

Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 03 No 02 November 2016

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: PUBLISHEER Depdikbud.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Petunjuk Pelaksaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Balai Pustaka.

Estiningsih. 1994. Landasan Teknik Pengajaran Hitung SD. Yogyakarta: EPPPG Matematika.

Hamalik, Umar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhadjir, Noeng. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Ravesalasin RR, Yogyakarta.

Roseffendi. 1997. Pendidikan Matematika 3. Jakarta. Universitas Terbuka: Depdikbud.

Salamento. 2007. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1987. Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: CV Sinar Baru.

Sukayati. 2011. Pembelajaran Pecahan di SD. Yogyakarta: Widya Iswara PPPPTK Matematika.

Suwangsih, Erna. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.