UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI PIRING PLASTIK
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik , PTK Di Kelas VI SD Negeri Citapen Kab. Kuningan“ Menghasilkan Kesimpulan Sebagai Berikut : Aktivitas Siswa Selama Mengikuti Proses Pembelajaran Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik Di Kategorikan Aktif. Dan Setelah Dilakukan Siklus Kedua, Aktivitas Siswa Mengalami Peningkatan Keaktifan Rata-Rata Sebesar 75% . Kalau Mengacu Pada Indikator Keaktifan Siswa Maka Besaran Keaktifan Sebesar 75% Termasuk Kriteria Aktif. Aktivitas Mengajar Guru Pada Siklus Pertama Mencapai Tingkat Pencapaian 95%, Sedangkan Pada Siklus Kedua Setelah Melakukan Treatment Pada Proses Pembelajaran, Aktivitas Guru Mencapai 100%. Ini Berarti Ada Kenaikan Aktivitas Guru Sebesar 5%, Sehingga Rata-Rata Aktivitas Guru Pada Dua Siklus Mencapai 97,5%. Mengacu Pada Indikator Aktivitas Guru , Besaran Angka 97,5% Termasuk Kriteria Sangat Aktif. Rata-Rata Ketuntasan Belajar Untuk Aspek Awalan Mencapai 97,5% Putra Dan Putri Mencapai 75%. Mengacu Pada Indikator Hasil Belajar Siswa Pada Tabel 1, Persentase Tersebut Menunjukan Bahwa Pembelajaran Awalan Pada Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik, Berkategori Sangat Efektif Untuk Putra Dan Efektif Untuk Putri. Rata-Rata Ketuntasan Belajar Untuk Aspek Cara Melempar Mencapai 85% Putra Dan Putri Mencapai 70%. Mengacu Pada Indikator Hasil Belajar Siswa Pada Tabel 1, Persentase Tersebut Menunjukan Bahwa Pembelajaran Cara Melempar Pada Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik, Berkategori Sangat Efektif Untuk Putra Dan Efektif Untuk Putri. Rata-Rata Ketuntasan Belajar Untuk Aspek Sikap Akhir Mencapai 85% Putra Dan Putri Mencapai 72,5%. Mengacu Pada Indikator Hasil Belajar Siswa Pada Tabel 1, Persentase Tersebut Menunjukan Bahwa Pembelajaran Sikap Akhir Pada Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik, Berkategori Sangat Efektif Untuk Putra Dan Efektif Untuk Putri. Keempat, Respon Siswa Mengacu Pada Indikator Respon Siswa, Maka Rata-Rata Tingkat Respon Siswa 85%, Mempunyai Kriteria Sangat Puas.Kata Kunci: Efektivitas Belajar Lempar Cakram, Media Modifikasi Piring Plastik
References
Sudrajat, Ahkmad (2007). Media Pembelajaran.
Artikel.Http://Ahkmadsudrajat.Wordpress.Co m/Bahan-Ajar/Media-Pembelajaran/
Surya, Mohamad (2004). Psikologi Pembelajaran & Pengajaran. Bandung. Pustaka Bani Quraisy.
Rivai, H Veithzal ( ) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Belajar Mahasiswa
Published
2016-11-27
Section
Articles
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.