PENGGUNAAN ALAT PENILAIAN DALAM MENCAPAI KOMPETENSI DASAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMPN 1 CINIRU
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan alat penilaian dalam mencapai kompetensi dasar pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN 1 Ciniru Dari refleksi pengamatan pada siklus I diperoleh hasil temuan sebagai berikut. Pada siklus I hanya anak 2 yang aktif bertanya pada saat pembelajaran, karena sebagian besar siswa masih malu untuk bertanya. Oleh karena itu guru memberikan motivasi kepada siswa agar selalu percaya diri untuk bisa aktif bertanya pada saat pembelajaran. Berbeda halnya dengan keaktifan bertanya yang hanya 4,7 %, keaktifan bekerja sama dalam kelompok pada siklus I dapat mencapai 88,4 %. Dari evaluasi pada siklus II diperoleh nilai tertinggi 100 sedangkan nilai terendah 20. nilai rata-rata kelas meningkat dari siklus I yaitu 68,4 dan banyaknya siswa yang tuntas belajar mencapai 35 anak sehingga ketuntasan klasikal mencapai 63,6 %, dan dari evaluasi pada siklus III diperoleh nilai tertinggi 100 sedangkan nilai terendah 60. nilai rata-rata kelas meningkat dari siklus II yaitu 83,2 dan banyaknya siswa yang tuntas belajar mencapai 38 anak sehingga ketuntasan klasikal mencapai 86,4 %Kata Kunci: Alat penilaian, kompetensi dasar
References
Abdurrahman Fatoni. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknnik Penyusunan Skripsi: Rineka Cipta.
Asmawi Zainul dkk. 2001. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi
Dedy Mulyana. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja RoSMPakarya Offset.
----------- . 2006. Contoh / Model Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Ditjen Mendikdasmen dan BNSP.
Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 03 No 02 November 2016
Gary R Marrison. 2001. Disigning Effective Intruction: USA John Wiley & Sons, Inc.
Sukintaka, 2004. Teori Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Nuansa
Michael Quinn Patton. 2006. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.