PENGGUNAAN ALAT PENILAIAN DALAM MENCAPAI KOMPETENSI DASAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMPN 1 CINIRU

Sudira .

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan alat penilaian dalam mencapai kompetensi dasar pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN 1 Ciniru Dari refleksi pengamatan pada siklus I diperoleh hasil temuan sebagai berikut. Pada siklus I hanya anak 2 yang aktif bertanya pada saat pembelajaran, karena sebagian besar siswa masih malu untuk bertanya. Oleh karena itu guru memberikan motivasi kepada siswa agar selalu percaya diri untuk bisa aktif bertanya pada saat pembelajaran. Berbeda halnya dengan keaktifan bertanya yang hanya 4,7 %, keaktifan bekerja sama dalam kelompok pada siklus I dapat mencapai 88,4 %. Dari evaluasi pada siklus II diperoleh nilai tertinggi 100 sedangkan nilai terendah 20. nilai rata-rata kelas meningkat dari siklus I yaitu 68,4 dan banyaknya siswa yang tuntas belajar mencapai 35 anak sehingga ketuntasan klasikal mencapai 63,6 %, dan dari evaluasi pada siklus III diperoleh nilai tertinggi 100 sedangkan nilai terendah 60. nilai rata-rata kelas meningkat dari siklus II yaitu 83,2 dan banyaknya siswa yang tuntas belajar mencapai 38 anak sehingga ketuntasan klasikal mencapai 86,4 %
Kata Kunci: Alat penilaian, kompetensi dasar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Fatoni. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknnik Penyusunan Skripsi: Rineka Cipta.

Asmawi Zainul dkk. 2001. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi

Dedy Mulyana. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja RoSMPakarya Offset.

----------- . 2006. Contoh / Model Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Ditjen Mendikdasmen dan BNSP.

Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 03 No 02 November 2016

Gary R Marrison. 2001. Disigning Effective Intruction: USA John Wiley & Sons, Inc.

Sukintaka, 2004. Teori Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Nuansa

Michael Quinn Patton. 2006. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.