PENERAPAN METODE “DIKSI” (DISKUSI, AKSI, DAN REFLEKSI) SISWA KELAS VIII SMPN 1 CINIRU

Eti Sri Mulyati

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : 1). Mendeskripsikan penerapan metode “DIKSI” dalam pembelajaran membacakan puisi. 2). Meningkatkan kualitas proses pembelajaran membacakan puisi. 3). Meningkatkan kompetensi siswa dalam keterampilan baca puisi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Ciniru, Kabupaten Kuningan, Propinsi Jawa Barat. Tempat penelitian ini adalah tempat belajar siswa berupa ruang kelas dan halaman sekolah. Waktu penelitian berlangsung pada semester genap tahun pelajaran 2014 / 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 30 orang, terdiri atas 14 putra dan 16 putri. Kemampuan akademik subjek penelitian relative rendah dengan rata-rata nilai kelulusan di SMP 6,27, dan nilai rata-rata mata pelajaran Bahasa Indonesia 5,61.Setelah tindakan dilakukan pada siklus I, ada peningkatan rasa puas pada diri siswa. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti ataupun kolaborator, peningkatan rasa puas siswa dapat dilihat dari ekspresi wajah dan reaksi spontan siswa seperti tertawa atau bertepuk tangan. Siswa juga terlihat lebih senang dalam mengikuti proses pembelajaran.
Kata Kunci :Metode DIKSI

Full Text:

PDF

References


Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. 2002. “Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL)”. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Moeliono, Anton (peny. Penyelia). 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 03 No 02 November 2016

Poerwadarminta, W.J.S. dan Pusat Bahasa. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

Pusat Kurikulum & Badan Penelitian dan Pengembangan. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Umum. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Pusat Kurikulum & Badan Penelitian dan Pengembangan 2006, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: departemen Pendidikan Nasional.

Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang. 2001. Peningkatan Profesional Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Syafi’ie Imam, dkk. 1998. Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Dep Dik Bud

Sulistyono. 2003. Wawasan Kependidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Rahmanto B. 2002. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius

Majalah Kawanku. 2005. Jakarta: Gramedia

www.pikiran rakyat.com




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.