PELAKSANAAN MODEL BELAJAR VAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEDAULATAN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II DI SMP NEGERI 1 CINIRUKABUPATEN KUNINGANTAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sarbini .

Abstract


Pendidikan di bidang ini selalu mendapatkan perhatian dari beberapa bidang yang akan di garap, perhatian semacam itu adalah sebagai upaya membentuk watak dan untuk mempertinggi budi pekerti yang sebagai modal utama dalam melaksanakan pembangunan nasional. Dalam hal ini penulis lebih menekankan pada pendidikan keluarga, karena keluarga adalah suatu bentuk kecil dari masyarakat dan merupakan lembaga informasi yang berperan penting dalam kaitannya dengan masalah pendidikan. Prestasi belajar menunjukkan tingkat belajar dicapai dalam kegiatan belajar. Sedangkan belajar merupakan kegiatan atau aktivitas untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi oleh siswa. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil yang dicapai setelah mengikuti pendidikan tertentu. Anak yang ketika belajar di SMP mempunyai prestasi yang baik namun ketika melanjutkan kesekolah lanjut mulai tertatih-tatih. Masalahnya ada ketidakcocokan antara gaya belajar siswa dengan gaya mengajar gurunya. Gejala ini sangat menonjol pada pengajaran karena pada pengajaran yang diberikan berganti dari sangat visual menjadi audiditorial. Oleh karena itu peranan model belajar VAK (Visual, Auditorial dan Kinestatik) dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat diterapkan untuk meningkatkan keberhasilan anak didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan, dimana peneliti melaksanakan tugas sebagai guru PKn. Obyek penelitian adalah siswa kelas VIII SEMESTER II di SMP Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2014/2015. penelitian ini dilakukan selama 2 bulan yaitu bulan Februari sampai bulan Maret 2014, yang menjadi objek penelitian adalah guru PKn, tempat penelitian dilaksanakan dan yang menjadi obyek adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 45 siswa.prestasi belajar yang diperoleh dengan menggunakan Model Belajar VAK pada setiap siklus adalah nilai rata-rata siklus 1: 56,22, siklus 2 : 74,66 dan siklus 3 : 84.
Kata Kunci; Model Pembelajaran VAK

Full Text:

PDF

References


Amier Dien Indrakusuma. 1993. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Departemen P dan K. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Gerungan, W. drs, 1987. Psikologi Sosial. Jakarta : Ersco.

Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 03 No 02 November 2016

Hasan Langulung, Prof, Drs. 1986. Manusia dan Pendidikan. Jakarta : Pustaka Al-Husna.

Hadari Nawawi, Drs. 1989. orang sekolah dan Pengelola Kelas. Jakarta : haji Masagung.

Sadiqi, Hasan. 1984. Sosiolog Untuk Masyarakat. Jakarta : Bina Aksara.

Hammudah Abdalati, Drs. 1981. Islam Dalam Sorotan ( Islam In Facus ). Jakarta : Bina Ilmu.

Koentjoroningrat. 1981. Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta : Gramedia.

Langeveld. 1982. Ilmu Jiwa Perkembangan. Bandung : Jemmars.

Laster D. Crow, Ph. D, Alice Crow Ph. D.1984. psikologi Pendidikan Terjemahan Drs. Z. Kasjan, Surabaya : Bina Ilmu.

Muhammad Abdul Qodir Ahmad, Dr. 1985. Metode pengajaran PKn. Jakarta : Proyek Pembinaan Perguruan Yinggi Agama.

Mahjubah Magaine. 1992. Pendidikan Anak Sejak Dini Hingga Masa Depan. Jakarta : Firdaus.

Muhammad Aly, Drs. 1992. pengembangan Kurikulum di sekolah. Bandung : Sinar Baru.

Nasution, Prof. Dr. 1986. Didaktik Azas-azas Mengajar. Bandung : Jemmars.

Nana Sudjana, Dr. dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Mas.

Ngalim Purwanto, M, Drs. 1988. Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Resda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter