UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA LARI JARAK PENDEK 100 METER DENGAN METODE DRILL DI KELAS V SDN 2 BABAKANMULYA KECAMATAN JALAKSANA

Aah Heryanah

Abstract


Berdasarkan standar isi disebutkan bahwa siswa kelas V pada pembelajaran Pendidikan
Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) harus memiliki kemampuan melakukan lari jarak pendek
100 meter dengan baik.
Metode bukanlah suatu tujuan, melainkan cara untuk mencapai tujuan sebaik-baiknya, dan
tidak mungkin membicarakan metode tanpa mengetahui tujuan yang hendak dicapai. Dalam
kenyataannya, cara atau metode mengajar yang digunakan untuk menyampaikan informasi
berbeda dengan cara yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai
pengetahuan, keterampilan dan sikap (kognitif, psikomotor, efektif). Khusus metode
mengajar di dalam kelas, efektivitas suatu metode dipengaruhi oleh faktor tujuan, faktor
siswa, faktor situasi dan faktor guru itu sendiri (Moedjono dan kawan-kawan, 1999).
Kata Kunci: Metode Drill

Full Text:

PDF

References


H. Engkoswara. 1994. Pedoman Penyusunan Karya Ilmiah untuk Angka Kredit Guru SD. Bandung : CV Karang Sewu.

Herman, Drs. 1996. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 1. Bandung : Armoco.

Hj. Susi Susilawati. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah. Bandung; LPMP

Mohamad Muhtar, S.Pd, M.Pd 2004. Perencanaan Pengajaran. Kuningan Muvi Press.

Saifudin Azwar. 1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pusaka Pelajar.

Slamet Mulyana, Drs. M.Pd 2006. Penelitian Tindakan Kelas dalam Pengembangan Profesi Guru. Makalah. Bandung ; LPMP.

Yatim Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.