UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA LARI JARAK PENDEK 100 METER DENGAN METODE DRILL DI KELAS V SDN 2 BABAKANMULYA KECAMATAN JALAKSANA
Abstract
Berdasarkan standar isi disebutkan bahwa siswa kelas V pada pembelajaran PendidikanJasmani dan Kesehatan (Penjaskes) harus memiliki kemampuan melakukan lari jarak pendek
100 meter dengan baik.
Metode bukanlah suatu tujuan, melainkan cara untuk mencapai tujuan sebaik-baiknya, dan
tidak mungkin membicarakan metode tanpa mengetahui tujuan yang hendak dicapai. Dalam
kenyataannya, cara atau metode mengajar yang digunakan untuk menyampaikan informasi
berbeda dengan cara yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai
pengetahuan, keterampilan dan sikap (kognitif, psikomotor, efektif). Khusus metode
mengajar di dalam kelas, efektivitas suatu metode dipengaruhi oleh faktor tujuan, faktor
siswa, faktor situasi dan faktor guru itu sendiri (Moedjono dan kawan-kawan, 1999).
Kata Kunci: Metode Drill
References
H. Engkoswara. 1994. Pedoman Penyusunan Karya Ilmiah untuk Angka Kredit Guru SD. Bandung : CV Karang Sewu.
Herman, Drs. 1996. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 1. Bandung : Armoco.
Hj. Susi Susilawati. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah. Bandung; LPMP
Mohamad Muhtar, S.Pd, M.Pd 2004. Perencanaan Pengajaran. Kuningan Muvi Press.
Saifudin Azwar. 1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pusaka Pelajar.
Slamet Mulyana, Drs. M.Pd 2006. Penelitian Tindakan Kelas dalam Pengembangan Profesi Guru. Makalah. Bandung ; LPMP.
Yatim Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.