PENERAPAN METODE PERMAINAN BAHASA DENGAN KUIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 BOJONG
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode permainan bahasa dengan kuis dalam meningkatkan hasil belajar dalam mengemukakan pendapat. Rekapitulasi peningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar dapat ditunjukkan kemajuan-kemajuan yang dicapai dari seluruh kegiatan mulai dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil belajar terjadi kenaikan dari siklus ke siklus prosentase keaktifan siswa sebesar 88,23% lebih besar dari target yang ditetapkan yakni 65%. Hal tersebut menunjukkan bahwa permainan bahasa dengan kuis mampu meningkatkan keberanian mengemukakan pendapat. Permainan bahasa dengan kuis yang diterapkan pada siswa kelas VI SDN 2 Bojong mampu menciptakan suasana yang meriah dan menarik minat siswa sehingga mereka tidak takut dalam mengemukakan pendapat. “Permainan Bahasa dapat membantu guru dalam menciptakan konteks komunikasi sehingga bahasa itu menjadi bermakna, bermanfaat dan komunikasi Metode permainan bahasa sangat efektif untuk meningkatkan keberanian siswa kelas VI SDN 2 Bojong Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2013-2014 dalam mengemukakan pendapat. Hal ini dapat dilihat dari hasil setiap putaran yang menunjukkan peningkatan aktivitas siswaKata Kunci: Metode Permainan, Kuis
References
Ardiana, Leo. 1998. Permainan Bahasa di SD. Makalah Seminar IKIP Surabaya.
Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.
Ali, Lukman, dkk. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Kasuriyanto, dkk. 1999. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Surabaya UniPress, IKIP.
Semi, Atar. 1984. Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
Taringan, Henry Guntur. 1998. Pengajaran Kosa Kata. Bandung : Angkasa.
Taringan, Henry Guntur. 2001. Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Taringan, Henry Guntur. 2000. Metodologi Pengajaran Bahasa. Bandung : Angkasa.
Takeda, Mansoer. 1999. Kosa Kata dan Pengajarannya. Ende Flores : Nusa Indah.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.