UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA 2 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VSD NEGERI 2 BOJONG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa tema 2 peristiwa dalam kehidupan manusia melalui problem based learning. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 2 Bojong, dengan jumlah siswa 19 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik tes, dan teknik non tes. Kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar. Hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I mengalami peningkatan, yaitu dari 2 orang (10,53%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 5 orang (26,32%), dan meningkat lagi menjadi 18 orang (94,74%) pada siklus II. Perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas pada Tema 2 Peristiwa Dalam Kehidupan dengan metode Problem Based Learning (PBL) telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga tujuan perbaikan tercapai dengan optimal. Penggunaan metode metode Problem Based Learning (PBL) terbukti sangat membantu peningkatan hasil belajar siswa hal ini dikarenakan kelebihan penggunaan metode metode Problem Based Learning (PBL). Dengan menggunakan pendekatan PBL ini, siswa akan bekerja secara kooperatif dalam kumpulan untuk menyelesaikan masalah sebenarnya dan yang paling penting membina kemahiran untuk menjadi siswa yang belajar secara sendiriKata Kunci: Hasil belajar, Problem Based Learning
References
Jumitasari. 2009. Dunia pendidikan: sumber daya alam http://sarijumitasari.blogspot.co m/2012/06/ips-kelas-4-sdsemester-1.html
Singletary, JP. 2000. Sound Ecology "Strudent aplly problem based learning to environmental question. The Science Teacher.
Mulyasa. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya
Masidjo, 2002. Penilaian Pencapaian Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
Saptono, Sigit. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: UNNES
H.S. Barrows. 1982. A Taxonomy of Problem BasedLlearning Methods. Medical Education.
Published
2016-11-27
Section
Articles
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.