EFFORTS TO IMPROVE STUDENTS LEARNING OUTCOMES THROUGH APPLYING OF EXPERIMENT METHOD IN THE MATERIALS LEARNING SCIENCE OF ESTABLISHMENT OF SOIL
Abstract
This study to determine the extent of the increase in the understanding of students through experimental learning methods on establishment of soil materials in SDN 2 Cimahi. The method which used in this study is a classroom action research which adapted Kemmis & Taggart model with three cycles each cycle executed one action, which consists of planning, implementation, observation and reflection. The subjects consisted of 30 students of class V SDN 2 Cimahi second semester. The instruments which used ware learning outcomes questions, observation sheet, study documentation, and questionnaires. The results indicated that there is increasing learning process, students activities, and students goals of science learning. In the first cycle of the average value reached 68.33. In the second cycle increased with an average value of 73.66, and in the third cycle of heightened again with an average value of 80.00. This results showed that learning science through using experimental learning methods can enhance students' understanding.Keywords: natural science teaching, experiment method, understanding student learning
References
Dimyati,dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Hamid, Sholeh. 2011. Metode Edutaiment. Jogjakarta. Diva Press.
Hidayat, Ujang S. 2011. Model-Model Pembelajarn Berbasis PAIKEM. Bandung. CV. Siliwangi.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Samatowa, U. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Kencana Prenada Media Group
Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bndung. PT Remaja Rosdakarya.
Sulistyorini, S. (2007). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Jakarta: Tiara Wacana.
Sumarni, Dini. 2012. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA tentang Kenampakan Permukaan Bumi. Skripsi UPI Bandung. Tidak di terbitkan.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.
Winarni, E. W.2009. Mengajar IPA Secara Bermakna. Bengkulu : UNIB PRESS
Winataputra, Udin S. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Youmi, Muhammad. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Wisudawati dan Sulistyowati. 2014. Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta. Bumi Aksara.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.