EFFORTS TO IMPROVE STUDENTS LEARNING OUTCOMES THROUGH APPLYING OF EXPERIMENT METHOD IN THE MATERIALS LEARNING SCIENCE OF ESTABLISHMENT OF SOIL
Abstract
Keywords: natural science teaching, experiment method, understanding student learning
Full Text:
PDFReferences
Dimyati,dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Hamid, Sholeh. 2011. Metode Edutaiment. Jogjakarta. Diva Press.
Hidayat, Ujang S. 2011. Model-Model Pembelajarn Berbasis PAIKEM. Bandung. CV. Siliwangi.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Samatowa, U. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Kencana Prenada Media Group
Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bndung. PT Remaja Rosdakarya.
Sulistyorini, S. (2007). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Jakarta: Tiara Wacana.
Sumarni, Dini. 2012. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA tentang Kenampakan Permukaan Bumi. Skripsi UPI Bandung. Tidak di terbitkan.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.
Winarni, E. W.2009. Mengajar IPA Secara Bermakna. Bengkulu : UNIB PRESS
Winataputra, Udin S. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Youmi, Muhammad. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Wisudawati dan Sulistyowati. 2014. Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta. Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.