PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA SISWA KELAS VI SDN 2 CIHERANG KABUPATEN KUNINGAN
Abstract
Pembelajaran Numbered Head Together merupakan salah satu tipe pembelajaran yang melibatkan para siswa dalam menelaah bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Sebagai pengganti pertanyaan lansung kepada seluruh kelas, guru menggunakan empat langkah sebagai berikut : (a) Penomoran, (b) Pengajuan pertanyaan, (c) Berpikir bersama, (d) Pemberian jawaban. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus berkesimpulan sebagai berikut : Hasil Observasi aktivas guru dan siswa selama pemelajaran NHT juga mengalami peningkatan, pada siklus I: 2.67 dengan : 66.67% , siklus II: 3,56 dengan : 93.55 %, dan hasil observasi akivitas siswa selama pembelajaran meningkat pada nilai rata-rata siklus I:2,5 dengan prosentase: 60.42 %, siklus II:3,67 dengan prosentase : 91.67%. Penggunaan pembelajaran Model Pembelajaran Numbered Head Together pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SD Negeri 2 Ciherang Kecamatan Kadugede dari Pra Siklus, Siklus I sampai Siklus II, yaitu Rata-rata skor hasil belajar siklus I : 66.93 siklus II : 72.47 dan Siklus II : 86.67. Sedangkan tingkat ketuntasan hasil belajar setiap siklus dilihat dari KKM yang harus dipenuhi yaitu sebesar ≥70. Maka untuk Pra Siklus yang tuntas 15 siswa dari 30 siswa dengan prosentase ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 50 %, untuk siklus I yang tuntas 18 siswa dari 30 siswa dengan prosentasi ketuntasan belajar 60 % dan untuk Siklus II yang tuntas 26 siswa dari 30 siswa dengan prosentasi ketuntasan belajar 86.67% Dengan demikian Model Pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa Kelas VI SD Negeri 2 Ciherang Kecamatan Kadugede dalam belajar pembelajaran IPS.Kata Kunci: Model Numbered Head Together, Belajar IPS, Kenampakan Alam dan
Keadaan Sosial Negara-Negara Tetangga
References
Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-Dasar Evaluavi Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika. Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Aneka Cipta. Indrastuti.2008. Untuk Kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan Volume03 No 01 Mei 2016
Nana Sudjana.1995.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sadiman Arif S. 2002. Media Pendidikan. Pustekkom Dikbud dan PT. Raja Grafindo Persada. Sagala, Syaiful. 2015. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung. Solihatin, Etin, & Raharjo. 2009. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Bumi Aksara. Jakarta. Sowiyah.2015, Pengembangan Kompetensi Guru SD. Lembaga Penelitian
Universitas Lampung. Bandar Lampung. Sri Nugroho, Arif Julianto. 2007. IPS untuk Kelas VI SD/MI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Sumarno. 1996. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru. Sunaryo.1989. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: IKIP Malang. Widodo.2008. Ayo Belajara Sambil Bermain Ilmu Pengetahuan Sosial.Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.