PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA SISWA KELAS VI SDN 2 CIHERANG KABUPATEN KUNINGAN

Nina Nurhaida

Abstract


Pembelajaran Numbered Head Together merupakan salah satu tipe pembelajaran yang melibatkan para siswa dalam menelaah bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Sebagai pengganti pertanyaan lansung kepada seluruh kelas, guru menggunakan empat langkah sebagai berikut : (a) Penomoran, (b) Pengajuan pertanyaan, (c) Berpikir bersama, (d) Pemberian jawaban. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus berkesimpulan sebagai berikut : Hasil Observasi aktivas guru dan siswa selama pemelajaran NHT juga mengalami peningkatan, pada siklus I: 2.67 dengan : 66.67% , siklus II: 3,56 dengan : 93.55 %, dan hasil observasi akivitas siswa selama pembelajaran meningkat pada nilai rata-rata siklus I:2,5 dengan prosentase: 60.42 %, siklus II:3,67 dengan prosentase : 91.67%. Penggunaan pembelajaran Model Pembelajaran Numbered Head Together pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SD Negeri 2 Ciherang Kecamatan Kadugede dari Pra Siklus, Siklus I sampai Siklus II, yaitu Rata-rata skor hasil belajar siklus I : 66.93 siklus II : 72.47 dan Siklus II : 86.67. Sedangkan tingkat ketuntasan hasil belajar setiap siklus dilihat dari KKM yang harus dipenuhi yaitu sebesar ≥70. Maka untuk Pra Siklus yang tuntas 15 siswa dari 30 siswa dengan prosentase ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 50 %, untuk siklus I yang tuntas 18 siswa dari 30 siswa dengan prosentasi ketuntasan belajar 60 % dan untuk Siklus II yang tuntas 26 siswa dari 30 siswa dengan prosentasi ketuntasan belajar 86.67% Dengan demikian Model Pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa Kelas VI SD Negeri 2 Ciherang Kecamatan Kadugede dalam belajar pembelajaran IPS.
Kata Kunci: Model Numbered Head Together, Belajar IPS, Kenampakan Alam dan
Keadaan Sosial Negara-Negara Tetangga


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-Dasar Evaluavi Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika. Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Aneka Cipta. Indrastuti.2008. Untuk Kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan Volume03 No 01 Mei 2016

Nana Sudjana.1995.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sadiman Arif S. 2002. Media Pendidikan. Pustekkom Dikbud dan PT. Raja Grafindo Persada. Sagala, Syaiful. 2015. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung. Solihatin, Etin, & Raharjo. 2009. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Bumi Aksara. Jakarta. Sowiyah.2015, Pengembangan Kompetensi Guru SD. Lembaga Penelitian

Universitas Lampung. Bandar Lampung. Sri Nugroho, Arif Julianto. 2007. IPS untuk Kelas VI SD/MI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Sumarno. 1996. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru. Sunaryo.1989. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: IKIP Malang. Widodo.2008. Ayo Belajara Sambil Bermain Ilmu Pengetahuan Sosial.Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i1.1186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter