PENERAPAN MODEL EXAMPLE NONEXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PADAMENAK
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Padamenak Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan masih rendah. Hal ini terbukti dari nilai ulangan akhir semester mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dimana sebagian besar kelas IV di SD Negeri Padamenak Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan yaitu sebesar 75 % memperoleh nilai Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) dibawah KKM yaitu 69. Kondisi terbut menunjukan rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berdasarkan latar belksng tersebut diatas maka dalam penelitian ini penulis menitik beratkan permasalahan pada :” Apakah Penerapan Model Example Nonexample dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Padamenak Kecamatan Jalaksana ?”. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untk megetahui penerapan model example nonexample dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Padamenak Kecamatan Jalaksana. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelku tindakan yang dilakukan untuk meninkatkan keterampilan rasional dari tindakan tindakan mereka dalam melaksanakan tugas memperdalam pemahaman terhadap tindakan yang dilakukan serta memperbaiki kondisi dimana praktik pembelajaran tersebut dilakukan. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa dengan penerapan metode hasil belajar siswa dengan menerapkan model example nonexample dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) siklus 2 materi pelajaran benda dan sifatnya memperoleh nilai terendah sebesar 65, nilai tertinggi sebesar 95 dan memperoleh rata-rata sebesar 84,07 berada diatas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sebesar 68, hal ini membuktikan bahwa penerapan model example nonexample berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Padamenak Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Berdasarkan hasil dan pembahasa, maka penulis menarik kesimpulan sebagai berikut penerapan odel example nonexample dapat meninkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDNegeri Padamenak Kecamatan JalaksanaKata Kunci : Model Example Nonexample , Hasil Belajar IPA
References
Ahmadi, A. dan Prasetya. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV Pustaka Setia.
Gino. (2007). Proses Belajar Mengajar di Kelas. Yogyakarta : Kanisius.
Hamalik, Oemar. (2000). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamzah, B. (2007). Model Pembelajaran. Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Heryadi, Dedi. (2008). Metode Penelitian Bahasa. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.
Irwanto. (2003). Proses belajar mengajar. Bandung : Alfhabeta.
Mudzakir. (2000). Proses Belajar Mengajar di kelas. Bandung : Alfhabeta.
Mulyasa. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.
Purwanto, Ngalim. (2011). Ilmu Pendidikan : Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (2001). Belajar Mengajar di Kelas. Yogyakarta : Kanisius.
Syah, Muhibbin. (2002). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Zulkarnaini. (2008). Menulis Sebagai Kegiatan Pengembangan Propesi Guru: LPMP: Sumatra Barat
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.