PENERAPAN MODEL EXAMPLE NONEXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PADAMENAK

Juju Juaeni

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Padamenak Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan masih rendah. Hal ini terbukti dari nilai ulangan akhir semester mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dimana sebagian besar kelas IV di SD Negeri Padamenak Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan yaitu sebesar 75 % memperoleh nilai Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) dibawah KKM yaitu 69. Kondisi terbut menunjukan rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berdasarkan latar belksng tersebut diatas maka dalam penelitian ini penulis menitik beratkan permasalahan pada : Apakah Penerapan Model Example Nonexample dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Padamenak Kecamatan Jalaksana ?. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untk megetahui penerapan model example nonexample dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Padamenak Kecamatan Jalaksana. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelku tindakan yang dilakukan untuk meninkatkan keterampilan rasional dari tindakan tindakan mereka dalam melaksanakan tugas memperdalam pemahaman terhadap tindakan yang dilakukan serta memperbaiki kondisi dimana praktik pembelajaran tersebut dilakukan. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa dengan penerapan metode hasil belajar siswa dengan menerapkan model example nonexample dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) siklus 2 materi pelajaran benda dan sifatnya memperoleh nilai terendah sebesar 65, nilai tertinggi sebesar 95 dan memperoleh rata-rata sebesar 84,07 berada diatas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sebesar 68, hal ini membuktikan bahwa penerapan model example nonexample berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Padamenak Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Berdasarkan hasil dan pembahasa, maka penulis menarik kesimpulan sebagai berikut penerapan odel example nonexample dapat meninkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDNegeri Padamenak Kecamatan Jalaksana
Kata Kunci : Model Example Nonexample , Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. dan Prasetya. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV Pustaka Setia.

Gino. (2007). Proses Belajar Mengajar di Kelas. Yogyakarta : Kanisius.

Hamalik, Oemar. (2000). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamzah, B. (2007). Model Pembelajaran. Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Heryadi, Dedi. (2008). Metode Penelitian Bahasa. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Irwanto. (2003). Proses belajar mengajar. Bandung : Alfhabeta.

Mudzakir. (2000). Proses Belajar Mengajar di kelas. Bandung : Alfhabeta.

Mulyasa. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. (2011). Ilmu Pendidikan : Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2001). Belajar Mengajar di Kelas. Yogyakarta : Kanisius.

Syah, Muhibbin. (2002). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Zulkarnaini. (2008). Menulis Sebagai Kegiatan Pengembangan Propesi Guru: LPMP: Sumatra Barat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter